Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berpikir positif dan ibadah juga meningkatkan imunitas tubuh selain asupan vitamin

25 Juli 2021 | 25.7.21 WIB Last Updated 2021-07-25T11:07:34Z

Foto sebelum pandemi Covid-19 - Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin dan istri Indriati.Ist/OLP

Pariaman - Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker di fasilitas publik.

Penanganan Covid-19, kata Mardison, bisa sukses jika peran dan kesadaran masyarakat dominan. Sedangkan pemerintah yang memiliki kewenangan mengendalikan wabah tidak akan punya hasil apa-apa jika tidak disertai peran aktif dari masyarakat itu sendiri.

"Pandemi harus kita akhiri dengan tekat yang bulat antara masyarakat dengan pemerintah. Tanpa kesadaran masyarakat hal itu tidak akan terjadi," kata Mardison di Pariaman, Minggu (25/7).

Menurutnya, tidak satu pun negara di dunia yang sukses mengendalikan wabah penyakit jika tidak melibatkan masyarakatnya. Sedangkan di alam demokrasi saat ini, pemerintah tidak boleh memaksakan kehendak kepada masyarakat.

"Oleh sebab itu diminta dari kesadaran masyarakat kita. Untungnya warga Pariaman memiliki kesadaran yang tinggi akan hal ini," ungkap Mardison.

Kesadaran masyarakat Pariaman yang tinggi, sambung Mardison, dibuktikan dengan suksesnya pengendalian Covid-19 gelombang pertama sebelum lebaran Idul Fitri. Bahkan Pariaman mampu mempertahankan reputasi terbaik di Sumatra Barat hingga enam minggu berturut-turut di saat seluruh kota kabupaten di Sumbar masuk zona merah.

Sedangkan fase gelombang kedua ini, kecenderungan tersebut mulai terlihat dengan berbondong-bondongnya warga menjadi peserta vaksin Covid-19 di setiap puskesmas setiap harinya.

"Untuk fase gelombang kedua, selain prokes, masyarakat juga aktif memvaksinkan diri. Hal ini kecenderungan yang baik, bahkan persentase peserta vaksinasi Covid-19 kota Pariaman saat ini yang tertinggi di Sumatra Barat," jelas Mardison.

Di samping itu, di masa pandemi ini Mardison juga mengimbau agar warga lebih meningkatkan imunitas tubuh dengan rutin berjemur pagi, mengonsumsi vitamin dan berolahraga di ruang terbuka secara mandiri.

"Dan yang terpenting berprasangka baik, tetap gembira, berpikir positif, dan beribadah juga termasuk memperkuat imun tubuh," pungkasnya. (OLP)

×
Berita Terbaru Update