Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

3 kota berlakukan PPKM Darurat, Wagub minta Pariaman sesuaikan diri

12 Juli 2021 | 12.7.21 WIB Last Updated 2021-07-12T13:57:02Z

Wakil Walikota Mardison Mhyuddin ikuti rapat virtual dengan Wagub Sumbar terkait diberlakukannya PPKM Darurat di tiga kota. Foo: Junaidi

Pariaman - Provinsi Sumatra Barat saat ini berada dalam zona merah Covid-19 dan tiga kota di dalamnya berada pada level asesmen 4 dengan trend peningkatan kasus positif tiap harinya.

"Sumatra Barat berada di zona merah atau level asesmen 4," ungkap Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy dalam video conference dengan sejumlah kepala daerah, Senin (12/7).

Saat ini, kata dia, ada tiga kota yang mulai memberlakukan PPKM Darurat di Sumatra Barat. Yakni kota Padang, Padangpanjang dan Bukittinggi.

Dia menuturkan, terhitung 11 Juli 2021 atau pekan ke-71 pandemi Covid-19 di Sumbar, Kota Padang, Padangpanjang dan Bukittinggi dalam kondisi darurat dengan kondisi transmisi yang tidak terkontrol dan respon tidak memadai.

Dengan ditetapkannya PPKM Darurat di tiga kota tersebut, setiap daerah diminta menyesuaikan aktivitasnya sesuai dengan ketentuan yang ada.

"Yang terpenting segera dilakukan adalah pendirian rumah isolasi oleh masing-masing kabupaten dan kota, serta peningkatan vaksinasi. Kita juga akan memfasilitasi kebutuhan tiap daerah jika kekurangan bed dan vaksin," ujar dia.

Di samping itu, kata dia, tracing kontak yang terpapar Covid-19 juga perlu ditingkatkan dalam skala besar guna mengendalikan transmisi penyebaran wabah di setiap daerah.

"Peran aktif masyarakat juga  diperlukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Tanpa dukungan masyarakat apapun metode yang dilakukan pemerintah tidak akan berjalan," pungkasnya.

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengatakan pihaknya saat ini terus gencar menindak pelanggar protokol Covid-19. Baik bagi tempat usaha maupun perorangan.

Selain pengetatan prokes, kata Mardison, Pemko Pariaman juga terus meningkatkan vaksinasi Covid-19 setiap harinya.

"Kita juga sediakan tempat isolasi per desa dan kelurahan," kata dia.

Untuk saat ini, Pariaman memasuki zona orange Covid-19 setelah 7 minggu lamanya mempertahankan posisi zona kuning. (Junaidi/OLP)

×
Berita Terbaru Update