Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Vaksinasi Covid-19 kepada lansia masih rendah, Pemko Pariaman gencarkan sosialisasi

16 Juni 2021 | 16.6.21 WIB Last Updated 2021-06-16T12:52:11Z

Walikota Pariaman Genius Umar beri arahan pada acara sosialisasi vaksinasi Covid-19 di Aula Balaikota Pariaman. Foto: Desi
 

Pariaman - Program vaksinasi Covid-19 di kota Pariaman menunjukkan progres yang baik sejak dimulai pada Januari 2021 lalu. Bahkan vaksinasi kepada tenaga kesehatan jauh melampaui target nasional.

"Kita terus melakukan sosialisasi dan diharapkan bisa menjangkau seluruh target yang diharapkan," kata Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Rabu (16/6).

Menurut dia, target vaksinasi hingga saat ini sudah mencapai 4.391 orang dari 93.000 jumlah penduduk Pariaman. Dengan rincian vaksinasi kepada tenaga kesehatan sebanyak 1.231 orang, setara dengan 136 persen, petugas publik 3.061 orang atau 58 persen, dan lansia 99 orang setara 1,18 persen.

Karena masih minimnya jumlah vaksinasi Covid-19 kepada klasifikasi umur lansia, kata dia, diperlukan sosialisasi dan edukasi yang terus menerus kepada sasaran.

Genius mengakui keikutsertaan lansia untuk divaksinasi terbilang rendah. Untuk mencapai target herd immunity diperlukan pencapaian bersama agar program vaksinasi berjalan dengan efektif.

"Dengan tercapainya herd immunity (kekebalan kelompok) masyarakat Pariaman akan terhindar dari bahaya Covid-19," imbuh dia.

Dia menambahkan vaksinasi bukan pengganti protokol kesehatan. Program vaksinasi akan sejalan dengan pengetatan protokol kesehatan.

"Ujung tombak pencegahan Covid-19 ada di tangan masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata dia.

Kota Pariaman sendiri saat ini berada di zonasi kuning atau risiko rendah penularan Covid-19 di Sumatra Barat bersama kabupaten Kepualauan Mentawai. Sedangkan kabupaten Padangpariaman, satu-satunya daerah di Sumatra Barat yang sudah memasuki zona merah,

"16 kabupaten/kota lainnya dalam zona orange," pungkasnya. (OLP)

×
Berita Terbaru Update