Segera dibuka untuk umum "Pulau Katuang" mulai dibenahi

Pulau Tangah memiliki luas 1,5 kali Pulau Angsoduo, memiliki ragam vegetasi yang tumbuh secara alami. Foto: Junaidi

Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman akan membuka Pulau Tangah untuk dikunjungi wisatawan umum. Namun sebelumnya, Pemko akan menambah infrastruktur pelengkap di pulau seluas 3 hektare tersebut.

Pulau berpasir putih yang berjarak 1 mil (1,6 km) dari bibir pantai Gandoriah ini, telah memiliki dermaga dan sejumlah gazebo. Pulau Tangah juga memiliki ragam vegetasi sehingga lebih sejuk dan teduh. Ditambah juga dengan telah dibangunnya jalan pedestrian.

"Pulau Tangah memiliki potensi besar dan akan menjadi destinasi wisata baru di samping Pulau Angsoduo," kata Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Selasa (15/6).

Sejauh ini, kata dia, Pulau Tangah belum begitu dikemukakan. Padahal, pulau itu memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai jenis pepohonan yang secara alami tumbuh subur di sana. Bahkan dulunya, Pulau Tangah yang juga dijuluki "Pulau Katuang" oleh nelayan - karena mereka sering mencari telur penyu di sana - memiliki telaga.

"Pulau Tangah akan dikedepankan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata. Pulau Tangah juga telah memiliki infrastruktur pendukung," ungkap dia.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Pariaman, Dwi Marhen Yono mengatakan dengan membuka Pulau Tangah bagi wisatawan akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sekaligus PDRB.

"Pulau Tangah akan membawa warna baru dan kian memperkaya Pariaman sebagai kota The Sunset City," ujar dia.

Marhen mengatakan, sebelum pulau dibuka, pihaknya segara melakukan penataan. Melakukan pembersihan dan akan ada pembenahan sarana dan prasarana umum.

"Kita akan poles secantik mungkin sehingga Pulau Tangah akan menjadi destinasi favorit di Pariaman," sebut dia.

Dia menuturkan, selama 2021, pihaknya akan menghelat sebanyak 45 festival di Pariaman bertemakan seni, budaya, sektor kreatif dan olahraga.

"Kita berikrar bahwa Pariaman satu-satunya kota festival di Pulau Sumatra dan akan menjadikan Pariaman kota tujuan utama bagi wisatawan regional dan manca negara saat berkunjung ke Sumatra Barat," pungkasnya. (Juned/OLP)