Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemko Pariaman raih Kapabilitas APIP level tiga dari BPKP

3 Juni 2021 | 3.6.21 WIB Last Updated 2021-06-03T12:34:52Z


Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar terima penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) karena dia dinilai telah meningkatkan tata kelola pembangunan dan keuangan di daerah yang dipimpinnya.

"Ini menjadi modal sekaligus pembuktian bagi Pemko Pariaman menjadi yang terbaik dalam akuntabilitas keuangan daerah di Provinsi Sumatra Barat," kata Genius Umar di Padang, Kamis (3/6).

Penghargaan tersebut, kata dia juga membuktikan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) daerah yang dipimpinnya memiliki kapabilitas melaksanakan tugas-tugasnya dalam pengawasan.

"Baik kapasitas, kewenangan dan kompetensi, sehingga mampu mewujudkan perannya secara efektif," sambung dia.

Pemko Pariaman sendiri memperoleh kapabilitas APIP level 3 dari BPKP, yang artinya APIP di lingkungan Inspektorat Kota Pariaman sudah memiliki penilaian yang efisien, efektif, dan ekonomis terhadap berbagai kegiatan lintas OPD.

 

Kapabilitas APIP terdiri dari 5 level, yaitu, level 1 initial, level 2 infrastructure, level 3 integrated, Level 4  managed dan level 5 optimizing.

Semakin tinggi level menunjukkan semakin matang dan efektif organisasi APIP dalam memberikan layanannya. 

Di samping itu, APIP juga mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian internal.

"Sesuai dengan komitmen kita dalam mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih dan terhindar dari korupsi," kata dia.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, Agustina Arumsari di Auditorium Gubernur Sumatera Barat yang juga dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (Juned)

×
Berita Terbaru Update