Genius akan berdayakan Dubalang Desa jaga perlintasan sebidang kereta api

Walikota Genius Umar dan Kadivre II PT KAI Sumbar, Kuncoro bertemu dan membahas sejumlah isu terkait perkeretaapian di Balaikota Pariaman. Foto: Erwin

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar instruksikan agar dinas terkait bersama camat, kepala desa dan lurah agar memberdayakan Dubalang Desa untuk menjaga perlintasan sebidang kereta api.

"Dengan terlebih dahulu memberikan pelatihan kepada Dubalang untuk difungsikan menjaga setiap perlintasan kereta api di kota Pariaman," kata Genius Umar usai menerima kunjungan Kadivre II PT KAI Sumatra Barat (Sumbar), Kuncoro di Pariaman, Senin (1/6).

Menurutnya kereta api tujuan Padang-Pariaman selalu ramai penumpang setiap harinya dan telah menjadi sarana transportasi arus utama pariwisata Pariaman. Namun di balik itu, juga banyak terjadi kecelakaan kereta api dengan kendaraan bermotor di berbagai perlintasan sebidang.

Saat ini, kata dia sudah dibangun palang perlintasan kereta api di berbagai titik yang dianggap rawan terjadinya kecelakaan. Tapi karena banyaknya perlintasan sebidang di kota Pariaman, diperlukan sumber daya lain untuk melakukan penjagaan.

Di saat yang sama Genius juga meminta kepada PT KAI agar menyediakan satu gerbong khusus bagi pecinta olahraga sepeda guna membantu para gowes di Sumbar untuk menikmati keindahan Kota Pariaman sembari bersepeda.

Sementara Kepala Divre II PT KAI, Kuncoro meminta kepada Pemko Pariaman agar menertibkan tempat pembuangan sampah di sekitar Stasiun Pariaman.

"Meminta kepada Pemko Pariaman agar menertibkan TPS di sekitar stasiun Pariaman," kata dia.

Pihaknya juga akan melatih para Masinisnya untuk tanggap darurat bencana dengan mengundang BPBD terkait langkah-langkah yang harus diambil saat terjadi bencana gempa bumi dan bencana alam lainnya. (Erwin/OLP)