Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bagikan bibit padi dan jagung, Genius ingin seluruh lahan tidur menjadi produktif

5 Juni 2021 | 5.6.21 WIB Last Updated 2021-06-05T05:15:02Z

Genius Umar menginginkan seluruh lahan tidur di Pariaman menjadi lahan pertanian dan peternakan. Begitu juga dengan rumah yang memiliki pekarangan luas juga dianjurkan memanfaatkan lahan mereka agar bernilai ekonomi dengan menanam berbagai jenis tanaman. Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar terus berupaya menjadikan seluruh lahan terlantar yang ada menjadi produktif. Pemanfaatan lahan tidur menjadi produktif selain bernilai ekonomis, juga dalam upaya menggenjot sektor pertanian dan ketahanan pangan daerah.

"Tidak ada lagi lahan tidur di Pariaman, semua mesti produktif. Pariaman zero lahan tidur," kata Genius Umar saat membagikan bibij jagung dan padi kepada kelompok tani Maju Bersama Desa Marunggi, Pariaman Selatan, Jumat (4/6).

Menurutnya, pemanfaatan lahan tidur tidak lagi sekadar gagasan, tapi sudah menjadi keharusan. Lahan tidur bisa digarap menjadi lahan pertanian dan peternakan. Baik oleh kelompok tani, maupun oleh masyarakat.

"Contohnya kelompok tani Maju Bersama. Selain menggarap sektor pertanian, mereka juga mengembangbiakkan itik," kata dia.

Selain kelompok tani, dia juga mengimbau agar masyarakat memanfaatkan perkarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis tanaman produktif.

"Selain bernilai ekonomi juga bisa untuk konsumsi keluarga sehari-hari," kata dia.

Kelompok Tani Maju Bersama sendiri menerima bantuan 30 kg bibit jagung jenis Pioner untuk lahan seluas 2 hektare, dan 375 kg bibit padi jenis Bujang Marantau yang bisa ditanam di lahan seluas 25 hektare. (Junaidi/OLP)

×
Berita Terbaru Update