PPP Padangpariaman mantapkan dukungan ke Hariadi kembali pimpin PPP Sumbar

Ketua DPW PPP Sumbar, Haji Hariadi, BE. Foto: istimewa

Pariaman - Pengurus dan segenap kader dewan pimpinan cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangun (PPP) kabupaten Padangpariaman mendukung kembali Hariadi sebagai ketua dewan pimpinan wilayah (DPW) PPP Sumatra Barat pada musyawarah wilayah (Muswil) PPP Sumatra Barat (Sumbar) yang akan dilaksanakan di Padang pada 23-24 Mei 2021.

"Hasil kepemimpinan beliau selama lima tahun terakhir sebagai bukti komitmennya dalam membesarkan PPP di Sumatra Barat," kata Ketua PPP Padangpariaman, Muhammad Hasbi di Pariaman, Minggu (23/5).

Selain itu, menurut Hasbi, PPP Sumbar di bawah kepemimpinan suami anggota DPD RI Emma Yohanna ini juga berhasil menempatkan sejumlah kadernya menang di Pilkada Serentak 2020, termasuk untuk Pilgub Sumbar yang menempatkan Audy Joinaldi mendampingi Mahyeldi sebagai wakil gubernur Sumbar.

Hasbi menilai, sebagai politisi, Hariadi juga memiliki integritas dan punya jejak rekam yang jelas dalam membesarkan partai berlambangkan Kabah tersebut. Selama Pilkada serentak 2020 dan Pileg 2019, Hariadi lebih konsentrasi membesarkan partai dibanding kepentingan pribadinya sendiri karena ia juga ikut dalam dua kontestasi tersebut.

"Beliau tidak individualistis dan baginya membesarkan partai yang dipimpinnya, perjuangannya lebih diutamakan dari kepentingan ia secara pribadi," kata Hasbi.

Dalam pantauan pariamantoday.com yang didukung sejumlah sumber terpercaya, Muswil IX PPP Sumbar akan berlangsung seru karena selain Hariadi, sejumlah nama lain juga dikabarkan akan bertarung memperebutkan kursi PPP Sumbar.

Saingan yang mungkin akan membuat Hariadi gelisah adalah Muhammad Iqbal - anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sumatra Barat II. Iqbal sudah beberapa kali menjadi batu sandungan Hariadi dalam pemilu legislatif karena bertarung dari daerah pemilihan yang sama.

Selain itu, Iqbal diprediksi tidak akan begitu saja dengan mudah dikalahkan Hariadi karena secara tradisional ia memiliki "darah biru" di PPP.

Ayahnya, Bachtiar Chamsyah adalah kader senior DPP PPP dan pernah menjabat Menteri Sosial 2001 hingga 2009 era Presiden Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono. Iqbal diyakini memiliki relasi yang kuat dengan DPP PPP sebagai modalnya dalam Muswil nanti.

Selain Iqbal, Ketua DPC PPP Kota Padang Maidestal Hari Mahesa, juga disebut akan maju dalam Muswil PPP Sumbar. Meski namanya tidak begitu diunggulkan, hal ini akan menjadi pengganjal bagi Hariadi dan Iqbal jika Muswil berakhir dengan voting.

Untuk diketahui, pemilihan ketua partai di PPP terbilang unik dibanding partai lainnya. Hanya di PPP ketua dan sekretaris sama-sama memiliki hak suara saat voting. (OLP)