Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kenakan syal Batik Sampan, Sandiaga Uno motivasi pengrajin pertahankan ciri khas

23 April 2021 | 23.4.21 WIB Last Updated 2021-04-23T13:09:24Z

Sandiaga Uno kenakan syal Batik Sampan saat memberikan sambutan di desa wisata Tungkal Selatan. Foto: istimewa

Pariaman - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menerima syal buatan tangan pengrajin Batik Sampan yang terkenal di Pariaman saat mengunjungi desa wisata Tungkal Selatan, Jumat (23/4). Syal Batik Sampan itu ia kalungkan di lehernya.

Sandiaga cukup terkesan dengan motif Batik Sampan. Ia meyakini dengan usaha dan kreativitas pengrajin, Batik Sampan lebih berkembang dan dikenal lebih luas lagi.

"Jangan tinggalkan ciri khas Batik Sampan, terus berkarya menciptakan model agar lebih diminati dan mendapatkan banyak pelanggan," kata Sandi.

Sandi bahkan menyempatkan diri menyaksikan cara pembuatan motif Batik Sampan di lokasi itu. Ia juga tampak serius belajar cara membuat motif, meski cuma sebentar.

Batik Sampan sendiri beberapa tahun lalu - pertama diekspose media massa - cukup mengejutkan publik Pariaman karena ada pengrajin batik di Pariaman. Kala itu batik belum begitu populer di Pariaman. Orang hanya tahu batik dibuat di Jawa.

Setelah mendapat pendampingan dari Pemko Pariaman, Batik Sampan mulai digunakan di lingkungan kerja Pemko Pariaman dalam berbagai motif dan corak yang terus berkembang.

Dinamakan Batik Sampan, karena pengrajin batik berdomisili di wilayah Sampan yang masuk dalam Desa Pungguang Ladiang, Pariaman Selatan.

Hingga saat ini Batik Sampan terus berkembang dan mulai diminati berbagai kalangan. Pengrajin Batik Sampan juga sering diikutkan Pemko Pariaman dalam berbagai pameran di berbagai daerah, baik dalam provinsi maupun luar provinsi. Sejak itu pengrajin Batik Sampan tambah giat menciptakan motif baru dalam setiap produknya. (Dewi/OLP)

×
Berita Terbaru Update