Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius tagih janji Sandiaga Uno

14 April 2021 | 14.4.21 WIB Last Updated 2021-04-14T07:27:49Z

Walikota Pariaman Genius Umar usai diskusi dengan Menteri Sandiaga Uno bersama anggota DPR dari daerah pemilihan Sumbar 1 Andre Rosiade. Foto: Phaik

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar menagih janji Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno untuk membackup pelaksanaan iven Pariaman Triathlon yang akan diselenggarakan pada Agustus 2021 mendatang.

Janji tersebut, kata Genius disampaikan Sandiaga saat dirinya menikmati bubur se Asia Tenggara di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Juga untuk sinkronisasi program pariwisata pusat dan daerah," ungkap Genius Umar saat bertemu dengan Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa (13/4).

Pertemuan yang turut didampingi anggota DPR Fraksi Gerindra, Andre Rosiade bersama sejumlah kepala daerah lainnya di Sumatra Barat itu, dilangsungkan di Balairung Kemenparekraf.

Menurut Genius, pertemuan beberapa kepala daerah se Sumatra Barat dengan Sandiaga bertujuan untuk mengejawantahkan program pemerintah pusat di daerah terkait percepatan pemulihan ekonomi dengan menggenjot sektor kepariwisataan.

Lagi pula, sambung Genius, Sandiaga Uno juga pernah ikut meramaikan Pariaman Triathlon 2019 sebagai peserta kehormatan dengan dirinya yang ikut berenang dan berlari maraton.

"Namun saya kalah tanding dengan mas menteri yang memang spiritnya luar biasa," kata Genius.

Kalender iven pariwisata Pariaman 2021 sendiri telah dipromosikan Genius Umar di kota Pekanbaru, Riau pada Februari lalu. Selanjutnya juga ke provinsi Jambi dan Bengkulu. Selain minta dukungan penganggaran, Genius juga mengundang Sandiaga agar kembali datang ke Pariaman di iven tersebut dalam upaya promosi pariwisata.

Sebagaimana diketahui, Sandiaga selain populer dan merupakan mantan cawapres, sekarang menteri, juga media darling dan seorang YouTuber pula.

Genius menuturkan, dengan 45 kalender iven pariwisata yang diselenggaran selama 2021 diperlukan dukungan pemerintah pusat mengingat terbatasnya dana APBD, apalagi di masa pandemi Covid-19 yang sebagian anggarannya tersedot untuk penanggulangan pandemi.

Disampaikan Genius, kondisi kota Pariaman saat ini memungkinkan diselenggarakannya berbagai iven pariwisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena sudah berada di zona hijau Covid-19.

Sedangkan program vaksinasi nasional di Pariaman sudah berjalan dan sudah disaksikan sendiri oleh Wapres Ma'ruf Amin saat meresmikan Pasar Rakyat Pariaman 6 April lalu.

Untuk menaikkan pamor pariwisata di daerahnya, Genius juga menyiapakan enam langkah dan strategi yang ia sebut 'enam jurus genius'. Yaitu dengan penerapan kebersihan, kesehatan, keselamatan, lingkungan, promosi yang terstruktur dan masif serta mengadakan iven kreatif, menjual dan komunikatif.

"Selanjutnya sinergi dan kolaborasi yang disertai ridho dari Allah SWT," jabarnya.

Sedangkan program pariwisata yang disiapkan untuk pengaplikasian keenam strategi tersebut dengan pasar kuliner pintar, lomba video kreatif, Pariaman festival, pekan udaya Pariaman, desa wisata dan desa digital, penerapan tiket elektronik pariwisata.

"Kita juga membuat promo paket wisata negara serumpun (Singapura, Malaysia dan Brunei) kerja sama dengan sponsor," pungkasnya. (Phaik/OLP)

×
Berita Terbaru Update