Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rakorenbang Sumbar: Genius Minta Sejumlah Jalan Diperlebar Melalui APBD Provinsi

10 Maret 2021 | 10.3.21 WIB Last Updated 2021-03-10T06:05:45Z

Foto: Erwin

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar usulkan beberapa program pembangunan di kota Pariaman agar masuk dalam rancangan APBD Sumatra Barat 2020 dalam Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang) Provinsi Sumbar bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Rabu (10/3).

Beberapa program unggulan Pemko Pariaman yang diusulkan tersebut antara lain pendidikan gratis bagi SMA sederajat, program satu keluarga satu sarjana, kartu Pariaman Pintar, dan program kesehatan gratis.

Sementara di bidang kepariwisataan, Genius merasa perlu ditintaklanjuti MoU dengan Pemrov Sumbar terkait pengembangan destinasi wisata Pulau Tangah dengan pembagian dana 60 persen dari provinsi dan 40 persen dari APBD Kota Pariaman.

Genius juga menyampaikan berbagai program sektor UMKM yang diharapkan mendapat respon anggaran dari Pemprov Sumbar. Di antaranya bantuan usaha bagi milenial, pemasaran produk UMKM, fasilitas pengelolaan sarana distribusi perdagangan, promosi dan kesempatan kerja bagi keluarga miskin.

Kota Pariaman juga memiliki visi yang selaras dengan Pemprov Sumbar di bidang keagamanaan dan untuk itu Genius juga berharap agar menerima alokasi anggaran untuk pembangunan pusat pendidikan Alquran, magrib mengaji, subuh mubarokah, pengembangan pendidikan agama non formal seperti MDA, MDW dan MDU.

"Serta penetapan dan pelestarian cagar budaya yang banyak tersebar di kota Pariaman," kata Genius.

Di bidang pertanian, Genius juga menyampaikan potensi alokasi anggaran dari Pemprov Sumbar untuk Pariaman. Di antaranya program pemanfaatan lahan terlantar, jaringan irigasi tersier, modernisasi alat pertanian dan tangkap ikan.

"Juga pembangunan pasar ikan yang higienis dan peningkatan produksi komoditi pertanian. Kita juga punya program satu rumah satu kolam dan mubalig bertani," tutur Genius.

Di bidang pariwisata, Genius juga mengusulkan alokasi anggaran untuk pembangunan kawasan wisata Batang Mangau dan Talao Pauah yang saat ini sedang naik daun.

Sedangkan pembangunan infrastruktur, menurut Genius saat ini ada 13 usulan dari pihaknya untuk Pemprov Sumbar, antara lain lanjutan pembangunan Irigasi Sawah Haru dan Irigasi Anai 2, lanjutan rekontruksi jalan By Pass Pariaman Ruas Simpang Jati-Simpang Apar, pelebaran ruas Jjalan BIM-Pariaman, peningkatan jalan dan jembatan Simpang Jagung-Jembatan Sampan, pembangunan jembatan Kampung Apar, peningkatan jembatan Kuraitaji menjadi dua jalur, serta pembangunan trotoar dan drainase jembatan Kuraitaji-Simpang Lapai.

Selanjutnya pelebaran jalan akses wisata Sunur-Pantai Kata, pelebaran jalan akses wisata Padang Biriak-Biriak-Manggung, normalisasi Batang Piaman, pembentukan Desa Tangguh Bencana, pembangunan shelter, fasilitasi pembangunan TPA Regional, pembangunan jaringan Irigasi Sawah Haru, serta pengembangan jalan sisi timur Pariaman dan pembentukan Desa Tangguh Bencana.

Kepala Bappeda Sumbar, Hansastri, mengatakan akan menampung usulan pembangunan dari Pemko Pariaman yang anggarannya akan dialokasikan dari APBD Sumbar.

"Sangat kami harapkan agar usulan pembangunan di Kota Pariaman ini dapat disetujui nantinya," kata dia. (Erwin/OLP)

×
Berita Terbaru Update