Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius-Suhatri Bur Teken Kesepakatan Perbatasan Wilayah yang Selama 18 Tahun Masih Rancu

3 Maret 2021 | 3.3.21 WIB Last Updated 2021-03-03T07:35:59Z

Walikota Genius Umar dan Bupati Suhatri Bur teken kesepakatan batas wilayah daerah di Kemendagri di Jakarata. Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar teken kerjasama penegasan batas wilayah daerah dengan Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, Selasa (3/2). Perjanjian kerjasama tersebut ditegaskan karena masih ada beberapa batas wilayah yang masih diperdebatkan.

"Dengan bupati terpilih Padangpariaman kita sudah sepakati batas wilayah yang ditegaskan dalam surat kesepakatan," ungkap Genius Umar di Jakarta, Selasa.

Penegasan batas wilayah tersebut diteken setelah difasilitasi oleh Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri. Penekenan oleh kedua kepala daerah serumpun itu disaksikan langsung oleh Direktur Toponimi Batas Wilayah Kemendagri, Sugiarto.

Menurut Genius, dari 22 titik pilar batas utama (PBU) kota Pariaman dengan Padangpariaman yang sering diperdebatkan adalah di Desa Padang Biriak-Biriak Pariaman Utara dan di Desa Sunur yang diberi kode PBU 01 dan PBU 22.

Selama itu batas wilayah perbatasan kota dan kabupaten tersebut belum sepakati karena Pemko Pariaman berpedoman dengan Undang-Undang nomor 12 tahun 2002 tentang pembentukan Kota Pariaman.

"Dengan adanya penandatanganan penegasan batas daerah ini, maka hasil kesepakatan bersifat final yang langsung difasilitasi oleh Kemendagri," kata Genius.

Selanjutnya, kata Genius, PBU yang telah disepakati tersebut akan ditindaklanjuti oleh kedua daerah. Batas-batas wilayah antara kota Pariaman dan kabupaten Padangpariaman sudah clear secara wilayah dan administrasi ketatanegaraan.

"Kita akan sepakati bersama demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan penegasan perbatasan wilayah, kita jadi fokus membangun dan melayani masyarakat," pungkasnya.

Kota Pariaman sendiri mempunyai batas-batas wilayah dengan Kabupaten Padangpariaman. Di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan V Koto Kampung Dalam, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, di selatan berbatasan dengan Kecamatan Nan Sabaris. Sedangkan untuk sebelah barat, Kota Pariaman berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia. (Junaidi/OLP)

×
Berita Terbaru Update