Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Trik Edison TRD Menjalankan KONI Pariaman Tanpa Dukungan APBD di 2021 Ini

23 Februari 2021 | 23.2.21 WIB Last Updated 2021-02-23T13:06:00Z

Ketua KONI Kota Pariaman, Edison TRD, SH, MH. Foto: OLP

Pariaman - Tantangan terbesar bagi pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pariaman periode 2021-2025 adalah tidak tersedianya dana hibah pada 2021 ini, alias, KONI sama sekali tidak memiliki kas yang disuplai dari APBD Kota Pariaman selama tahun 2021.

"Tahun 2021 ini memang tidak ada (anggaran) dan kita tidak mau melihat ke belakang (penyebabnya). Namun mulai 2022 dianggarkan kembali," ujar Ketua KONI Kota Pariaman Edison TRD di Pariaman, Selasa (23/2).

Meski tidak adanya dukungan anggaran APBD, kata Edison TRD, ia akan tetap menjalankan visi misi tahun pertamanya memimpin KONI dengan cara dan trik yang ia miliki - agar pembinaan olahraga prestasi di Pariaman tetap berkembang.

Pertama, kata dia, KONI Kota Pariaman akan bekerjasama dengan seluruh BUMD yang ada di Pariaman seperti BRI, BNI, Bank Nagari, Telkom, PLN, PT POS dan lainnya, agar menyalurkan CSR nya untuk penyelenggaran berbagai kegiatan olahraga oleh berbagai cabang olahraga (cabor) di bawah naungan KONI Kota Pariaman.

"Dan alhamdulillah setelah kita hubungi berbagai BUMD mereka menyatakan kesiapannya asal kegiatan yang diselenggarakan jelas dan terukur," ungkap Edison TRD.

Selanjutnya, kata mantan calon walikota Pariaman itu, pihaknya juga akan meminta bantuan kepada anggota DPRD Kota Pariaman agar menyalurkan dana pokok pikirannya (pokir) untuk penyelenggaraan berbagai iven olahraga.

"Karena itu kita harus sinkronkan kegiatan kita dengan visi misi Pemko Pariaman," sambungnya.

Selaku mantan anggota DPRD Kota Pariaman, kata dia, menggaet pokir DPRD untuk kegiatan olahraga, sekaligus akan membantu tugas anggota dewan agar selalu dekat dengan masyarakat melalui kegiatan olahraga.

"Hal ini akan kita sampaikan kepada kawan-kawan di DPRD. Insya Allah akan disambut baik karena tujuan kita sama, menjadikan masyarakat sebagai subjek pembangunan, melalui olahraga," kata politisi sekaligus ipar dari tokoh nasional asal Pariaman, Archandra Tahar.

Di tahun pertama memimpin KONI, ia akan memulainya dengan berbagai program strategis, yakni pembinaan cabor, menyusun kegiatan, menyusun administrasi dan kepengurusan yang diisi oleh orang-orang yang menurutnya harus memiliki komitmen tinggi memajukan KONI Kota Pariaman.

"Sesuai dengan aturan keolahragaan yang dituntut profesional, baik secara aturan maupun penganggaran. Hal ini mesti kita manajemen dengan baik oleh sebab itu kita butuh tim kerja yang profesional dalam kepengurusan," ungkapnya.

KONI Kota Pariaman sendiri, terangnya, memiliki program menengah dan jangka panjang yang selaras dengan visi walikota dan wakil walikota Pariaman. Untuk itu, ke depannya KONI Kota Pariaman akan menggelar iven olahraga yang tidak terputus tiap tahunnya.

"Ke depan kita akan selenggarakan berbagai iven olahraga tiap bulan bertemakan wisata yang tidak terputus selama satu tahun kalender. Ini upaya kita mendukung walikota memajukan pariwisata melalui sport tourism," tuturnya.

Kemudian, imbuh dia, pada 2022 juga akan diselenggarakan Porprov Sumbar yang akan dihelat secara bersama-sama oleh beberapa daerah. Mengahadapi iven tersebut, sedari kini pihaknya mulai melakukan persiapan dan pembinaan kepada atlet dan pelatih dari berbagai cabor.

"Jika pandemi Covid-19 berakhir, Porprov Sumbar akan diselenggarakan tahun 2022. Kita mesti mempersiapkan diri mulai saat ini. Atlet dan pelatih dari berbagai cabor harus mempersiapkan diri dengan latihan dan mengikuti berbagai iven pemanasan agar tidak ada lagi atlet Pariaman lari ke daerah lain," pungkasnya.

Sebelumnya, Edison TRD terpilih menjadi Ketua KONI Kota Pariaman periode 2021-2025 melalui voting dalam musyawarah olahraga kota (Musrokot) yang diselenggarakan di aula Balaikota Pariaman, Sabtu lalu (20/2).

Edison TRD memperoleh 20 suara mengungguli pesaing terdekatnya Remon dengan raihan 12 suara dan Kardinal Feri yang hanya meraih 6 suara.

Usai terpilih, Edison TRD berjanji akan membenahi olahraga prestasi di Pariaman yang sempat vakum karena pandemi Covid-19. (OLP)

×
Berita Terbaru Update