Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ngopi Bareng dengan Kades se Pariaman Utara, Genius Minta Kades Optimalkan Peran Dubalang dan Barakai

15 Februari 2021 | 15.2.21 WIB Last Updated 2021-02-15T12:52:33Z

Walikota Pariaman didampingi kepala Inspektorat Yota Balad dan Camat Pariaman Utara serap aspirasi saat diskusi sambil ngopi pagi dengan kepala desa se Pariaman Utara. Foto: Erwin

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar serap aspirasi kepala desa se kecamatan Pariaman Utara dalam ngopi pagi yang rutin dilakukan walikota setiap Senin.

"Dalam kesempatan ini, kepala desa bisa langsung menyampaikan keluhannya sekaligus bertanya secara langsung kepada OPD dan Camat, maupun langsung kepada walikota," kata Genius Umar di Pariaman, Senin (15/2).

Genius mengatakan saat ini seluruh desa di kota Pariaman tengah giat membangun dan mengangkat potensi yang ada di wilayahnya masing-masing. Baik potensi ekonomi maupun potensi pariwisatanya. Pada sektor pariwisata ia meminta setiap desa melakukan inovasi agar setiap desa wisata yang ada di Pariaman memiliki ciri khasnya masing-masing.

Dengan adanya ngopi pagi bersama kepala desa, organisasi perangkat daerah atau OPD, kata Genius, bisa langsung menjawab berbagai pertanyaan dan mencarikan solusi pada setiap persoalan yang dihadapi kepala desa secara terbuka.

"Baik persoalan pembangunan insfrastruktur desa, pertanian, pariwisata, pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan keuangan desa," kata Genius.

Di bidang pertanian, Genius meminta setiap program desa mesti selaras dengan program OPD agar program tersebut sampai ke masyarakat melalui pemerintahan desa.

Mayoritas masyarakat Pariaman, kata Genius adalah petani begitu juga dengan kemajuan kota Pariaman juga tergantung pada sektor tersebut.

"Dengan mensejahterakan petani maka secara otomatis ikut memajukan kota Pariaman," katanya.

Di samping itu, sambung Genius, para Camat juga harus memonitor desa-desa di wilayahnya guna menyerap langsung aspirasi desa dan sesegera mungkin melakukan koordinasi dengan dinas terkait pada setiap persoalan yang ditemukan saat monitoring.

Pada kepala desa, Genius meminta memberdayakan peran para Dubalang dan Barakai Desa karena keberadaannya sering dipertanyakan karena menerima gaji tiap bulannya melalui dana desa.

"Ini perlu dicermati agar seluruh elemen yang ada di desa dioptimalkan perannya, termasuk para Dubalang dan Barakai," kata Genius.

Sejauh ini, kata Genius, para Dubalang dan Barakai di desa cukup punya andil dalam pemberdayaan masyarakat di desa. (Erwin/OLP)

×
Berita Terbaru Update