Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Umar Gantikan Mukhlis Rahman Jabat Ketua LKAAM

26 Februari 2021 | 26.2.21 WIB Last Updated 2021-02-26T05:18:46Z

Foto: Phaik/Desi

Pariaman - Genius Umar bergelar Rangkayo Rajo Gandam terpilih jadi ketua lembaga kerapatan adat alam minangkabau (LKAAM) periode 2021-2026.

Genius Umar menggantikan posisi Mukhlis Rahman yang menjabat ketua LKAAM periode sebelumnya. Sedangkan Arrahmi, kembali terpilih ke periode selanjutnya jadi Bundo Kanduang.

"Mari bersama-sama saling bahu membahu untuk selalu meneggakkan falsafah minang - adat basansi syarak, syarak basandi kitabullah - di kota Pariaman. Jabatan ini merupakan amanah dari masyarakat adat salingka Pariaman," ujar Genius Umar di Pariaman, Jumat (26/2).

Pada kesempatan itu, Genius Umar juga mengapresiasi kepengurusan LKAAM saat dipimpin mantan walikota Pariaman Mukhlis Rahman. Menurut Genius, ia tahu betul bagaimana Mukhlis dengan sepenuh hati menjalankan amanah sebagai ketua LKAAM karena saat itu dirinya menjabat sebagai wakil walikota mendampingi Mukhlis Rahman.

"Lima tahun sebelumnya saya mendampingi kepemimpinan bapak Mukhlis Rahman. Beliau menunjukkan bagaimana peran LKAAM dan KAN di Kota Pariaman telah memberikan kontribusi besar untuk pembangunan," ujar walikota Pariaman itu.

Di masa kepemimpinannya mendatang, Genius ingin lebih mengaktifkan seluruh perangkat adat yang ada di Pariaman, termasuk memperjelas tugas pokok dan fungsi para Dubalang yang ada di setiap desa.

Oleh sebab itu, ia minta dukungan daripada seluruh elemen masyarakat, termasuk tokoh adat, tokoh agama, parik paga (pemuda) dan bundo kanduang guna membangkitkan kembali nuansa adat berlandaskan agama di Pariaman. (Tim)

×
Berita Terbaru Update