Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Archandra Tahar Aktor Belakang Layar di Balik Pembangunan Pasar Pariaman

3 Februari 2021 | 3.2.21 WIB Last Updated 2021-02-03T13:53:14Z

Walikota Pariaman Genius Umar (kanan) temui Archandra Tahar (kiri) terkait akan diresmikannya Pasar Pariaman pada 31 Maret mendatang. Foto: Eka

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar mengungkapkan bahwa Archandra Tahar merupakan aktor di belakang layar di balik suksesnya pembangunan Pasar Pariaman menggunakan dana APBN.

Mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang sekarang menjabat Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara ini, kata Genius, saat itu langsung menghadap Presiden Joko Widodo yang akhirnya membuat presiden mengeluarkan diskresi (kebebasan mengambil keputusan atau keputusan eksekutif) untuk pembangunan pasar rakyat Pariaman dan pasar rakyat di Solo pada 2019.

"Beliau langsung menghadap presiden demi pembangunan pasar rakyat Pariaman," kata Genius Umar saat menemui Archandra Tahar di Jakarta terkait akan diresmikannya Pasar Pariaman pada 31 Maret 2021 mendatang, Rabu (3/2).

Genius mengatakan, karena Pasar Pariaman merupakan diskresi presiden, maka direncanakan juga akan diresmikan oleh presiden. Jika tidak berhalangan, Presiden Jokowi akan melakukan gunting pita di pasar yang memiliki empat lantai dan 362 kios tersebut.

Bangunan pasar Pariaman berkonsep hijau yang dilengkapi tiga unit eskalator dan satu unit lift tersebut, menggunakan anggaran APBN senilai Rp 89,74 miliar dari total kesiapan anggaran Rp 102 miliar yang diplot di Kementerian PUPR.

"Insya Allah jika bapak presiden tidak berhalangan, beliau akan meresmikan pasar rakyat Pariaman," kata Genius.

Sementara itu Archandra Tahar memuji Genius Umar yang terus bekerja keras mengembangkan pariwisata Pariaman dengan tetap mempertahankan konsep alami. Dengan adanya pasar Pariaman yang megah, kata pria asli Nareh yang lama bermukim di Amerika itu, secara tidak langsung akan mendukung pariwisata Pariaman jika diintegrasikan.

Archandra juga mengusulkan pembangunan troley atau trem yang menghubungkan seluruh destinasi wisata yang ada di Pariaman sehingga membuatnya menjadi sebuah destinasi terpadu.

"Juga terus melakukan penghijauan dengan lebih banyak menanam pohon," kata Archandra.

Pasar Pariaman sendiri dibangun oleh perusahaan plat merah PT Wijaya Karya yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartanto dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bertepatan dengan Hari Nusantara Nasional di Kota Pariaman pada 14 Desember 2019 lalu. (Eka/OLP)

×
Berita Terbaru Update