Pantai Kata Kian Indah: Kolam Bekas Arena MTQ Sumbar Diisi Ratusan Indukan Ikan Patin

Walikota Genius Umar bersama Dandim, Kajari dan Kapolres lepas indukan ikan jenis Patin di kolam bekas arena MTQ Sumbar 2017. Foto: Erwin

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar melepaskan 175 ekor induk ikan jenis Patin di Pantai Kata Pariaman. Ikan yang juga ikut ditebar Kapolres, Dandim dan Kajari itu berlokasi di kolam dan taman bunga bekas arena MTQ Sumbar persis depan Hotel Safari Inn.

"Ini untuk menambah daya tarik bagi wisatawan. Mereka bisa melihat ikan berenang sambil menikmati indahnya taman bunga di Pantai Kata," kata Genius Umar di Pariaman, Kamis (21/1).

Di awal 2021 ini, Genius Umar telah memerintahkan agar setiap dinas ikut berpartisipasi memperindah setiap destinasi wisata yang ada di kota Pariaman. Untuk tahap pertama lokasi yang dipilih adalah Pantai Kata.

"Lokasi ini dulunya arena MTQ tingkat Sumatra Barat 2017. Kita terus memperindahnya untuk menjadi salah satu area yang wajib dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Pariaman," kata Genius.

Kepala Dinas DKP Kota Pariaman, Dasril mengatakan indukan ikan Patin yang disebar di kolam dan taman bunga bekas arena MTQ Sumbar, satu ekornya seberat 1 kg.

Indukan tersebut diharapkannya nanti akan berkembang dan akan mengisi penuh seluruh kolam yang ada. Ikan yang ada di kolam itu bukan untuk dikonsumsi, tapi untuk menambah keindahan taman bunga dan kolam yang ada di area Pantai Kata tersebut.

"Ikan ini akan dijaga agar tidak dipancing oleh masyarakat. Tadi Satpol PP sudah menyatakan kesediaannya menjaga agar ikan tersebut tidak dipancing orang," kata dia.

Sebelumnya arena bekas MTQ Sumbar di Pantai Kata yang memiliki kolam cukup luas itu tidak pernah diisi ikan. Area kolam sebelumnya dibangun sesuai tema pembukaan MTQ Sumbar yang mengesankan "terapung."

"Sebelumnya dalam keadaan kosong tidak terisi ikan dan hanya digunakan untuk kolam hiasan dengan lampu berwarni-warni yang menambah keindahan kolam itu saat malam hari," kata Dasril. (Erwin/OLP)