Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Meski Kelas D, RSUD dr Sadikin Pariaman Sudah Bisa Bedah Syaraf dan Urologi

6 Januari 2021 | 6.1.21 WIB Last Updated 2021-01-06T01:22:34Z

Walikota Pariaman Genius Umar optimis RSUD dr Sadikin jadi klasifikasi C. Foto: Erwin

Pariaman - Rumah Sakit Umum Daerah (RUSUD) dr Sadikin akan mengembangkan sejumlah fasilitas kesehatan guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di rumah sakit milik Pemko Pariaman itu.

Pada 2020, RSUD dr Sadikin sudah mencapai target pencapaian PAD hingga 95 persen. Untuk peningkatan PAD, menurut Direktur RSUD dr Sadikin, Arlina Azra, pihaknya akan meningkatkan fasilitas pendukung dan sumber daya manusia (SDM).

"Dimulai dari SDM, sarana prasarana dan fasilitas pendukung. RSUD dr Sadikin jauh dari keramaian, kelemahan tersebut mesti kita tutupi dengan kelengkapan fasilitas kesehatan memadai," ujarnya di Pariaman, Rabu (16/1).

Saat ini, sambung Arlina, RSUD dr Sadikin Pariaman masih klasifikasi D yang diharapkannya akan naik kelas menjadi klasifikasi C. Meski kategori D, di rumah sakit itu telah memiliki fasilitas bedah Urologi (sistem saluran kemih) dan bedah syaraf.

"Kita juga memiliki Unit Radiologi, ruang isolasi yang sudah aktif sejak pandemi Covid-19 hingga saat ini," kata dia.

Di RSUD dr Sadikin sudah bisa menangani pasien Covid-19 dan berencana akan mengoperasikan ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

"Untuk penanganan Covid-19 kita sudah berjalan dan berencana akan memanfaatkan ruang isolasi bagi pasien Covid-19," imbuhnya.

Sedangkan terkait manajemen pelayanan pihak RSUD dr Sadikin sudah memiliki sistem informasi rumah sakit (SIM-RS) dengan teknologi komputer terintegrasi.

SIM-RS dimulai saat pasien mendaftar, perawatan hingga pengambilan obat. Jadi saat pasien tersebut datang kembali, riwayat medisnya bisa dilihat di SIM-RS. Rumah sakit itu juga memiliki website pada sub domain rsudsadikin.pariamankota.go.id.

Selain itu, pihak RSUD juga memiliki aplikasi kerjasama dengan BNI bernama periksa.id. Kerjasama dengan BNI juga akan berlanjut dengan akan dibangunnya anjungan tunai mandiri (ATM) BNI di rumah sakit itu.

"BNI juga akan membangun satu ruang untuk fasilitas rumah sakit," pungkasnya.

Sebelumnya Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika beserta Asisten I melakukan inspeksi ke RSUD dr Sadikin pada Selasa (5/1). Pada kesempatan tersebut Genius meninjau fasilitas rumah sakit dan manajemennya. (Erwin/OLP)

×
Berita Terbaru Update