Cegah Penyakit Anemia di Kalangan Remaja, Pemko Pariaman Bentuk Duta Rancak

Walikota Pariaman Genius Umar berikan tablet penambah darah kepada Duta Rancak agar selanjutnya diberikan kepada teman-temannya di sekolah. Foto: Dewi

Pariaman - Dinas Kesehatan Kota Pariaman membentuk duta remaja aktif ngebet cegah anemia - yang disingkat Duta Rancak - sebagai pelopor kesehatan remaja di kota Pariaman. Pembentukan Duta Rancak bertepatan dengan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-61.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Duta Rancak sebagai pelopor kesehatan remaja lebih memahami permasalahan kompleks remaja dalam kehidupan sehari-harinya.

"Sehingga para remaja kadang tidak memikirkan kesehatannya yang berdampak pada kesehatannya. Di sinilah peran Duta Rancak dalam mengedukasi remaja di lingkungan sekolah, lingkungan sosial akan pentingnya mencegah anemia sejak usia remaja," kata Nazifah di Pariaman, Jumat (29/1).

Sasaran Duta Rancak adalah anak seumuran mereka, yakni pelajar tingkat SMP dan SMA. Di usia awal remaja tersebut, kata Nazifah, mereka perlu diedukasi akan pentingnya menjaga kesehatan selagi dini agar kelak terhindar dari berbagai jenis penyakit akibat lalai menjaga kesehatan sedari usia remaja.

"Duta Rancak juga dipilih dari pelajar SMP dan SMA. Mereka bertugas memantau teman-temanya karena di sekolah ada pemberian tabet penambah darah sekali seminggu bagi setiap siswa," jelasnya.

Pada peringatan HGN ke-61 yang digelar di Desa Ampalu, Pariaman Utara tersebut, walikota Pariaman, Genius Umar secara simbolis memberikan tablet penambah darah kepada perwakilan Duta Rancak Pariaman.

"Ini artinya Duta Rancak mendapat amanah dari walikota untuk menjaga kesehatan teman-temannya dengan pemberian tablet penambah darah," kata Genius Umar.

Genius mengakui Duta Rancak Pariaman merupakan remaja pilihan yang memiliki pemahaman bagus tentang kesehatan. Ia percaya melalui Duta Rancak, remaja Pariaman akan terhindar dari anemia dengan rutin meminum tablet penambah darah sekali seminggu yang disediakan pihak sekolah.

“Selalu konsumsi tablet penambah darah secara teratur agar remaja sehat dan selalu bersemangat. Remaja sehat Pemko Pariaman bersemangat," pungkasnya. (Dewi/OLP)