Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Mutu PAUD, Pemko Pariaman Terbitkan Perwako SPM

23 Desember 2020 | 23.12.20 WIB Last Updated 2020-12-23T12:42:50Z


Pariaman - Fokus akan dunia pendidikan sejak dini, Walikota Pariaman menerbitkan Peraturan Walikota (Perwako) Pariaman Nomor 56 Tahun 2020 Tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Perwako tersebut saat ini tengah disosialisasikan kepada penyelenggara dan tenaga pendidik PAUD se kota Pariaman yang juga diikuti oleh perangkat daerah terkait di Balaikota Pariaman, Senin lalu (21/12).

"Pendidikan merupakan prioritas utama pemerintah Kota Pariaman. Hal ini diiringi dengan kebijakan yang mendukung seluruh hal yang berkaitan dengan itu," kata Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Rabu (23/12).

Karena menurut Mardison pihaknya yakin dengan pendidikan bisa mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Mardison berharap dengan terbitnya Perwako SPM bagi penyelenggara PAUD itu bisa jadi pedoman bagi tenaga pendidik dan masyarakat beserta perangkat pemerintahan tingkat kecamatan dan desa/kelurahan.

Dengan adanya Perwako itu, kata Mardison, bukti kehadiran pemerintah yang akan menjadi upaya pemenuhan atas hak anak dalam memperoleh pendidikan dimulai dari usia dini, pemenuhan sarana dan pra sarananya serta faktor pendukung lainya.

Perwako SPM bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan dengan pelayanan pendidikan merata dan berkualitas bagi anak usia dini - usia 0 hingga 6 tahun - yang ada di Kota Pariaman.

PAUD merupakan salah satu program prioritas pembangunan pendidikan nasional yang diarahkan demi mewujudkan pendidikan yang berkeadilan, bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Kebijakan tersebut bertumpu di atas prinsip ketersediaan lembaga PAUD yang mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, keterjangkauan layanan PAUD sesuai dengan kemampuan masyarakat, kualitas layanan PAUD dalam mendidik dan mengasuh anak usia 0-6 tahun, kesetaraan layanan PAUD untuk setiap kelompok masyarakat, dan kepastian setiap anggota masyarakat dalam memperoleh layanan PAUD.

Mardison mengatakan pentingnya pendidikan anak usia dini terutama PAUD 1 tahun sekolah pra SD. Ia meyakini dengan sekolah PAUD akan membekali anak lebih berkarakter dan berdaya saing.

"Oleh karena itu Pemerintah Daerah Kota Pariaman terus memperkuat penyelenggaraan PAUD 1 tahun pra SD dengan mensosialisasikanya kepada masyarakat," tegasnya.

Penyelenggaraan program PAUD 1 tahun pra SD, jelas Mardison, merupakan tindak lanjut dari komitmen dunia program pembangunan berkelanjutan target SDGs2030 guna memastikan bahwa semua anak mendapat akses terhadap pengembangan masa kanak-kanak secara dini yang berkualitas, pengasuhan dan pendidikan pra-dasar agar mereka siap masuk ke jenjang pendidikan dasar.

"Secara bertahap, mulai tahun depan kita akan sosialisasikan hal (Perwako SPM) ini," pungkasnya. (Junaidi)

×
Berita Terbaru Update