Ratusan Offroader dalam dan luar Sumbar Ikuti Pariaman Xtream Offroad Adventure 2020

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin lepas para offroader di Halaman Balaikota Pariaman, Sabtu (12/12). Foto: Dewi

Pariaman - Pariaman Xtream Offroad Adventure 2020 resmi digelar hari ini dan dilepas oleh Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin di Halaman Balaikota Pariaman, Sabtu (12/12). Iven tersebut akan berlangsung selama dua hari dengan menjelajahi medan offroad di kota Pariaman dan kabupaten Padangpariaman hingga besok, Kamis 13 Desember 2020.

Sekretaris IOF Pariaman dan Padangpariaman, Muhammad Hasbi mengatakan, Pariaman Xtream Offroad Adventure 2020 diikuti lebih dari 100 peserta yang datang dari berbagai daerah, termasuk dari luar provinsi Sumatra Barat.

"Ada kelas pemula dan profesional. Ratusan offroader dalam dan luar Sumatra Barat mengikuti ajang ini," ungkap Hasbi di Pariaman.

Menurutnya, medan offroad telah disiapkan jauh hari oleh panitia bekerjasama dengan perangkat desa dan nagari yang dilewati di kota Pariaman dan kabupaten Padangpariaman.

"Semuanya (Perangkat desa dan nagari) mendukung iven ini karena secara tidak langsung mengenalkan potensi wisata yang ada di wilayah mereka. Baik masyarakat maupun pemuka," ujar Hasbi.

Wakil Walikota Pariaman, mardison Mahyuddin mengatakan Pariaman Xtream Offroad Adventure 2020 merupakan iven tahunan yang ditunggu-tunggu para offroader dan sudah menjadi kalender iven IOF Tanah Air.

Iven Pariaman Xtream Offroad Adventure 2020 kata Mardison sedianya digelar pada April 2020 namun karena pandemi Covid-19 baru bisa terselenggara saat ini.

"Namun demikian, iven ini tetap menerapkan protokol Covid-19," ujar Mardison.

Rangkaian iven Pariaman Xtream Offroad Adventure 2020 tidak hanya sebatas ajang olahraga. Tetapi sambung Mardison, juga dibarengi dengan kegiatan sosial saat melintasi Desa Tungkal Selatan menuju V Koto Kampung Dalam, Padangpariaman.

"Selain itu juga ajang promosi wisata bagi kota Pariaman. Seluruh peserta dan ofisial juga menginap di Pariaman yang tentunya menguntungkan bagi perekonomian masyarakat Pariaman," tandasnya.

Ketua Panitia Pariaman Xtrame Offroad Adventure 2020 Harpen Agus Bulyandi mengatakan Pariaman Xtream Offroad Adventure 2020 akan ditutup pada hari Minggu (13/12) di Pantai Kata Pariaman.

Sebelum dilakukan penutupan, kata politisi Gerindra itu, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan. Mulai dari kompetisi hiburan exrtreme dan standar di Pantai Kata hingga bagi-bagi doorprice bagi pengunjung.

Harpen alias Andi Cover menyebut kalau tidak ada pandemi Covid-19, iven tersebut akan dibuat berskala internasional dengan mengundang offroader dari Malaysia dan Thailand.

“Namun karena pandemi Covid-19 peserta luar negeri yang rencananya akan datang. terpaksa dibatalkan," tandasnya. (Dewi/OLP)