Tingkatkan Kompetensi, UMKM Pariaman Terima Pelatihan dan Motovasi Bisnis

Kadis Perindagkop UMKM Gusniyetti Zaunit beri arahan saat pembukaan pelatihan dan motivasi bagi pelaku UMKM. Foto: Junaidi

Pariaman - Sebanyak 30 orang pelaku usaha kecil mikro dan menengah atau UMKM menerima pelatihan keterampilan dalam berusaha sekaligus motivasi bisnis dari Pemerintah Kota Pariaman. Pelatihan dan motivasi tersebut merupakan angkatan kedua - yang berarti sebelumnya telah ada bentuk pelatihan serupa.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Kadis Perindagkop) dan UMKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya serius dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) UMKM karena sektor tersebut memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman.

"Peningkatan SDM pada UMKM adalah proritas yang terus kami lakukan secara berkala agar UMKM Pariaman terus bertumbuh dan mempunyai daya saing," ujar Gusniyetti di Pariaman, Rabu (18/11).

Peningkatan SDM bagi UMKM, kata dia sangat diperlukan di era globalisasi dimana persaingan antar UMKM kian ketat.

"Motivasi bisnis dan keterampilan mengelola usaha sangat diperlukan bagi pelaku UMKM sebagai modal utama bagi mereka dalam memenangkan persaingan," sambungnya.

Pelatihan keterampilan bisnis meliputi cara mengelola manajemen usaha, peningkatan kualitas produk UMKM dengan cara mengemas setiap produk dengan lebih menarik agar menarik minat pembeli saat dipasarkan.

Dengan adanya pelatihan itu dia yakin sektor UMKM Kota Pariaman lebih memiliki kompetensi, ulet, disiplin dan cerdas dalam berbisnis.

Saat ini terdapat sebanyak 7.839 UMKM yang tersebar di empat kecamatan se kota Pariaman. Jumlah terbesar, sekitar 39 persen berada di kecamatan Pariaman Tengah.

"Ini membuktikan sektor UMKM terus tumbuh dari tahun ke tahunnya," tandasnya.

Pelatihan tersebut menghadirkan para narasumber dari berbagai disiplin ilmu. Ia berharap peserta mengikuti dengan saksama selama pelatihan dilangsungkan. (Junaidi/OLP)