Riky Falantino Ajak KNPI dan Karang Taruna Ikut Berperan Edukasi Calon Pemilih

Riky Falantino mantan Ketua DPD KNPI Kota Pariaman periode 2012 sampai 2015. Foto: Junaidi

Pariaman - Mantan Ketua DPD KNPI Kota Pariaman, Riky Falantino soroti peran pemuda dalam pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat 2020 yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Pemuda adalah pilar demokrasi dan harus bisa mengambil peran dalam mensukseskan dan mengawal Pilgub Sumbar dengan aksi nyata dan kongkrit," ujar Riky Falantino saat ngopi bareng bertajuk 'Ngopi Pemuda' dengan KNPI dan Karang Taruna Kota Pariaman di kantor Bawaslu Pariaman, Kamis (12/11).

Kepala Sekretariat Bawalu Kota Pariaman itu berharap pemuda tidak sekadar menjadi objek dalam setiap hajatan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

Riky melihat, momentum Hari Pahlawan selayaknya pemuda mengambil peran dalam mengawal proses demokrasi dengan bersinergi dengan stakeholder lainnya.

"Pemuda bisa memberikan edukasi politik kepada calon pemilih dan bersinergi dengan niniak mamak, kapalo mudo dan seluruh tokoh masyarakat lainnya demi terwujudnya pilkada yang berkualitas dan berintegritas di Kota Pariaman," kata Riky.

Dengan terlibatnya pemuda melakukan edukasi di tengah masyarakat, calon pemilih menjadi sadar akan hak politiknya dan tergerak sendiri datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya masing-masing.

Di masa pandemi Covid-19, peran pemuda juga dibutuhkan bagi masyarakat terkait pentingnya menjalankan protokol Covid-10 saat hari pungut hitung mendatang. Dengan sosialisasi dan edukasi yang tepat, masyarakat menjadi tidak takut datang ke TPS karena alasan Covid-19.

"Karena di setiap TPS sudah disiapkan tempat cuci tangan, masker, memberi jarak tempat duduk. Jadi tak perlu takut datang ke TPS," pungkasnya. (Juned/OLP)