Indahnya Destinasi Jembatan Rajang Desa Rambai: Rugi Jika Tak Berkunjung ke Sini

Plt Walikota Mardison beserta istri dan perangkat desa lakukan sesi foto di atas jembatan gantung Desa Rambai. Pemandangan sekitarnya terlihat asri. Belum lagi kejernihan air sungai Batang Mango. Foto: Fadli a.k.a Phaik.

Pariaman - Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin resmikan jembatan gantung penghubung antardusun di Desa Rambai, Pariaman Selatan, Minggu (15/11).

Jembatan yang biasa disebut rajang oleh masyarakat setempat itu, sebelumnya mengalami renovasi total pada lantainya. Dari lantai kayu yang lapuk, lantai jembatan kini dibuat kokoh dengan menggunakan lantai terbuat dari plat besi.

Ada yang menarik dari renovasi jembatan. Karena jembatan gantung sudah langka keberadaannya di kota Pariaman, pihak desa melihat peluang. Mereka melakukan pengecatan warna warni pada kedua sisi jembatan gantung sehingga tampak eksotik. Hal itu diakui sendiri oleh Mardison Mahyuddin saat berada di atas jembatan gantung.

Menurut Mardison, jembatan gantung Desa Rambai bisa jadi potensi wisata yang akan memberikan pemasukan bagi desa. Jembatan yang berada di atas sungai Batang Mango berair jernih didukung keindahan alam sekitar, akan menarik minat wisatawan berkunjung ke tempat itu.

"Ini lokasi yang diincar wisatawan. Bisa juga dibuat tempat pemandian dan lokasi swafoto memukau bagi wisatawan," ujar Mardison.

Pihak desa memang berencana menjadikan jembatan gantung itu sebagai ikon desa dan mengembangkannya menjadi salah satu destinasi wisata Pariaman.

"Berkat dukungan Pemko, kita terus berupaya menggali potensi wisata yang ada di desa kami. Dan Jembatan Gantung ini adalah ikon desa kami," kata kepala desa Rambai, Arif Fuady.

Arif yakin destinasi tersebut akan ramai dikunjungi wisatawan karena para pengunjung akan mendapat nuansa berbeda saat berada di lokasi tersebut yang damai dan asri yang tentunya berbeda dari destinasi wisata lainnya.

"Wisatawan mulai berdatangan, dagangan masyarakat laris. Dengan publikasi dan promosi kami yakin kian ramai dikunjungi wisatawan," ujarnya.

Renovasi jembatan tersebut menggunakan APBDes Desa Rambai. Desa Rambai berada di perbatasan kota Pariaman dan kabupaten Padangpariaman. Bahkan, satu dusun yang dimilik desa Rambai berada di wilayah Padangpariaman. (Phaik/OLP)