Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peserta Lomba Video Kreatif antar Desa dan Kelurahan Dibekali Pelatihan Sebelum Lomba

9 Oktober 2020 | 9.10.20 WIB Last Updated 2020-10-09T05:00:17Z

Dwi Marhaen bersama peserta latihan di kantor Camat Pariaman Timur. Foto: Rika

Pariaman - Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Pariaman beri pelatihan peserta lomba video kreatif yang diikuti seluruh desa dan kelurahan di kota Pariaman, Kamis (8/10).

"Ini bagian dari rangkaian lomba yang dimulai sejak 1 Oktober lalu," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Pariaman, Dwi Marhaen di kantor Camat Pariaman Timur.

Marhaen mengatakan dalam pelatihan tingkat kecamatan tersebut pihaknya memberikan materi cara pembuatan video yang baik, aturan lomba dan tema yang akan diambil.

Untuk kecamatan Pariaman Timur masing-masing desa mengutus tiga orang dari masing-masing desa untuk dilatih membuat video konten kreatif. Ketiga orang dari masing-masing desa tersebut, kata Marhaen akan dilatih hingga lima tahun ke depan.

Setelah pelatihan selesai, kata Marhaen, pihaknya memberi waktu dua minggu untuk membuat video kreatif potensi desa masing-masing. Lalu pada 26 hingga 29 Oktober 2020 akan dilanjutkan pembimbingan di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman.

"1 November 2020 akan kita upload di media sosial dan pada tanggal 12 Desember 2020 akan diumumkan pemenangnya,“ imbuhnya.

Dengan adanya 71 video kreatif dari desa dan kelurahan yang diunggah ke media sosial, Marhaen memastikan akan meningkatkan promosi kota Pariaman. Setiap desa dan kelurahan tentu memiliki keunikan tersendiri seperti kuliner, pariwisata dan tradisi yang akan menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

"Jika dahulu kita menggali potensi wisata melalui buku dengan mencari jumlah penduduk, mata pencarian dan potensinya, namun sekarang kita rubah dalam bentuk video durasi tiga menit," kata dia.

Lomba video kreatif berdurasi tiga menit antar desa dan kelurahan se kota Pariaman tersebut mensyaratkan setiap desa dan kelurahan memiliki akun media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook. Masing-masing karya wajib diunggah paling lambat 1 November 2020.

Pemenang diumumkan pada 12 Desember 2020 dengan dua kategori penilaian meliputi peserta terbaik dan kategori terfavorit. Dari seluruh peserta, akan dipilih tiga terbaik dan tiga karya favorit berdasarkan tontonan terbanyak dan jumlah disukai.

"Karya peserta terbaik akan ditampilkan pada launching Calender of Event Pariaman 2021,“ pungkasnya.

Camat Kecamatan Pariaman Timur, Muhammad Arief Gunawan menyebut lomba video kreatif antar desa dan kelurahan akan di share melalui media sosial dari pemerintahan desa masing-masing dan potensi masing desa akan dilihat oleh masyarakat luas.

"Secara otomatis potensi desa akan terpromosikan. Ini akan ditonton semua orang, baik dalam daerah hingga ke luar negeri," kata dia.

Dengan lomba tersebut ia berharap para pembuat konten bisa menggali maksimal potensi desanya masing-masing. Baik sektor ekonomi kreatif, pariwisata hingga usaha kecil mikro menengah. (Rika/*)

×
Berita Terbaru Update