Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

3 Penderita Osteogenesis imperfecta di Cubadak Mentawai 20 Kali Patah Tulang

21 Oktober 2020 | 21.10.20 WIB Last Updated 2020-10-21T11:38:09Z

Mardison Mahyuddin bersama ketua Baznas Kota Pariaman Bagindo Jamohor kunjungi rumah keluarga penderita tulang rapuh di Desa Cubadak Mentawai. Foto: Erwin

Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman pastikan akan terus memantau kesehatan satu keluarga di Desa Cubadak Mentawai, Pariaman Timur yang menderita penyakit rapuh tulang. Penderita tulang rapuh tersebut adalah Ikbal, 19 tahun, Ridwan, 17 tahun dan Dila, 15 tahun.

"Kita juga akan beri bantuan sosial setiap bulannya," ujar Plt Walikor Pariaman, Mardison Mahyuddin saat berkunjung di kediaman keluarga penderita penyakit langka yang disebut osteogenesis imperfecta itu, Rabu (21/10).

Di samping itu, mantan ketua DPRD Kota Pariaman ini juga mengajak para dermawan agar ikut menyumbang membantu meringankan beban ketiga penderita

Pemko Pariaman sendiri, sambung Mardison terus mengarahkan berbagai lembaga turut berdonasi pada keluarga tersebut, termasuk lembaga resmi Baznas Kota Pariaman.

"Kita (Pemko Pariaman) sudah sejak 2012 (program bantuan sosial) dan juga mengajak serta Baznas," tandasnya.

Ayah daripada ketiga penderita rapuh tulang, Azwardi menyebut, ketiga anaknya rentan patah tulang akibat kerapuhan tulang. Namun secara psikis dan mental, anaknya tetap normal.

"Sudah 20 kali peristiwa patah tulang (pada ketiga anaknya) hampir di sekujur tubuh mereka," kata ayah dari 6 anak itu.

Dalam kondisi fisik yang terbatas, imbuh Azwardi, ketiga anaknya tetap bersosialisasi seperti bermain dan belajar. Mereka tetap ceria di tengah konsisi fisik mereka yang memilukan.

Untuk aktivitas sehari-hari, ketiga anaknya berpindah tempat dengan menggeser badan dan kepala karena tulang mereka yang telah patah tidak bisa diobati atau dikembalikan seperti semula.

Sedangkan untuk buang air kecil dan air besar, Azwardi membuatkannya sendiri. Untuk bermain, ketiga anaknya menggunakan kursi roda setelah dibantu keluarga.

"Tapi alhamdulillah mereka rajin belajar dan juga lancar baca Alquran," pungkasnya.

Osteogenesis imperfecta (OI) adalah penyakit tulang rapuh. Kondisi ini ditandai dengan pembentukan tulang yang tidak sempurna. Kondisi fisik pasien dengan penyakit ini dapat terlihat pada tulangnya yang mengalami kerapuhan dan mudah retak atau patah. (Erwin/*)

×
Berita Terbaru Update