Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Meski Corona, PAD Pariaman Meningkat dari Tahun Sebelumnya

28 Juli 2020 | 28.7.20 WIB Last Updated 2020-07-28T00:20:41Z
Foto: istimewa
Pariaman - Untuk pencegahan korupsi, Pemko Pariaman fokus pada perbaikan tata kelola pemerintahan, penyelamatan keuangan dan aset daerah.

“Penyelamatan keuangan memang perlu penertiban dan pemulihan aset serta peningkatan pajak daerah,“ kata Waikota Pariaman Genius Umar saat rapat koordinadi dengan jajarannya melalui video conference terkait dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pariaman, Senin (27/7).

Terkait naiknya pendapatan asli daerah (PAD) pada 2020 dari tahun sebelumnya - meski di masa Covid-19 - kata Genius, itu karena ada beberapa objek wisata baru yang ramai dikunjungi dan belum ada di 2019.

"Untuk itu kita perlu memperbaharui Peraturan Daerah untuk pemungutan restribusi kawasan wisata. Hal ini perlu dipercepat selain untuk peningkatan PAD juga peningkatan pelayanan," lanjutnya.

Sedangkan legalisasi dan sertifikasi aset, sambung Genius, memang perlu upaya ekstra. Tetapi mengenai beberapa aset yang berasal dari tanah ulayat dan masih perlu negosiasi ulang, akan terus dilakukan pihaknya.

Genius menuturkan beberapa aset kabupaten Padangpariaman yang masih ada di Pariaman dan belum diserahkan ke kota Pariaman, termasuk fasilitas publik yang mengurangi estetika kota karena kurang terawat.

"Kita berharap sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2002 bahwa aset-aset kabupaten yang berada dalam wilayah kota diserahkan kepada kota supaya aset lebih efektif dan efisien dan bermanfaat bagi masyarakat,“ jelasnya.

Genius berjanji aset kabupaten di kota jika diserahkan akan dirawat dan dikelola dengan baik untuk kepentingan masyarakat. (Rika)
×
Berita Terbaru Update