Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mardison Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Jadi Lahan Produktif Keluarga

11 Juli 2020 | 11.7.20 WIB Last Updated 2020-07-11T12:47:24Z
Foto: Junaidi
Pariaman - Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengatakan pemanfaatan lahan kosong untuk tanaman konsumsi seperti berbagai jenis sayuran dan buah, merupakan bentuk aksi keluarga dalam ketahanan pangan daerah.

"Apalagi di situasi saat ini mengonsumsi sayuran sangat dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh selain manfaat gizi lainnya," kata Mardison usai tanam perdana demplot sayur Desa Padang Biriak-Biriak di Pariaman Utara, Jumat (10/7).

Mardison mengajak seluruh keluarga memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami sayuran guna mengatasi kelangkaan sayuran di pasar.

"Setidaknya keluarga juga bisa menghemat pengeluaran meskipun harga sayur terbilang murah," sambungnya.

Mardison mencontohkan istrinya sendiri - yang meskipun sebagai istri wakil walikota - tetap menanam berbagai jenis sayuran dan buah di pekarangan kosong rumah dinasnya. Sayuran tersebut mereka petik dan konsumsi.

“Selain segar juga dapat memenuhi gizi kami sekeluarga dari memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah," tutur Mardison.

Demplot tanaman sayur Desa Padang Biriak-Biriak digagas oleh Milenial Agro Community Kota Pariaman bekerjasama dengan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman serta didukung penuh oleh pihak Desa Padang Biriak-Biriak dan BPJS Kesehatan Kota Pariaman.

Selain menghasilkan sayuran lahan demplot di desa tersebut sekaligus menjadi tempat memproduksi benih unggul sayuran serta ajang bagi para anak muda bercocok tanam yang dipandu langsung oleh Dinas PPP melalui UPT Pertaniannya.

Tanaman sayur yang ditanam pada kesempatan itu berupa bayam, kangkung, cabai rawit, terong, kacang panjang. Selanjutnya juga akan ditanami jagung dan berbagai jenis buah buahan. (Junaidi/OLP)
×
Berita Terbaru Update