Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berdayakan Pemuda, Bumdes Kampung Tangah Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Produktif

30 Juli 2020 | 30.7.20 WIB Last Updated 2020-07-30T12:55:21Z
Foto: Rika
Pariaman - Desa Kampung Tangah kecamatan Pariaman Timur manfaatkan lahan tidur di desa itu menjadi bernilai ekonomis dan produktif.

Melalui badan usaha milik desa (Bumdes) Citra Mandiri, desa tersebut membuka usaha peternakan ikan dan sapi, serta memiliki lahan seluas 3 hektare yang ditanami jagung.

"Ini salah satu contoh desa ketahanan pangan. Sapi hasil peternakan desa dibeli untuk sapi kurban hari raya Idul Adha dan ikannya juga akan mulai panen beberapa bulan ke depan," ungkap Walikota Pariaman Genius Umar usai menanam bibit jagung di lahan yang dikelola Bumdes Citra Mandiri, Kamis (30/7).

Bumdes milik desa tersebut juga memberdayakan pemuda setempat. Baik dalam sektor pertanian maupun peternakan dan tambak ikan.

Ketahanan pangan kota Pariaman yang diturunkan hingga ke tingkat desa, sambung Genius telah teraplikasi dengan baik di desa itu. Oleh sebab itu pihaknya akan mendampingi desa tersebut melalui dinas terkait.

“Desa yang dibina harusnya desa yang benar-benar bersemangat untuk menggerakan pemuda desa untuk mengolah pertanian. Ini adalah bagian dari program ketahanan pangan Pariaman yang juga diturunkan menjadi ketahanan pangan tingkat desa," lanjut Genius.

Selain Desa Kampung Tangah, Desa Kampung Kandang juga merupakan desa di Pariaman Timur yang gencar menselaraskan program pembangunan desa dengan pemerintah kota Pariaman. Baik dalam sektor pariwisata maupun pertanian yang saat ini menjadi prioritas ketahanan pangan nasional.

Bagi desa yang giat dalam ketahanan pangan, Genius berjanji akan menggiring bantuan dari pemerintah pusat ke desa berupa bantuan bibit dan beragam program bantuan lainnya.

“Bagi masyarakat jangan ada lagi lahan kosong, manfaatkan. Semua lahan harus dijadikan lahan produktif untuk menghasilkan pangan dan menggerakan sektor-sektor pertanian," pungkasnya. (Rika/OLP)
×
Berita Terbaru Update