Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Naik 6 Kali Lipat, Kuota Saga Saja 2020 Kuliahkan 120 Mahasiswa

15 Juni 2020 | 15.6.20 WIB Last Updated 2020-06-15T14:58:36Z
Foto: Eri Elfadri
Pariaman - Sebanyak 266 orang pendaftar yang lulus seleksi administrasi Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) Pemko Pariaman datangi kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) guna mendapatkan informasi lanjutan.

Kepala dinas Dikpora Kota Pariaman, Kanderi mengatakan program Sagasaja sejatinya merupakan salah satu program unggulan Pemko Pariaman era Genius-Mardison guna meningkatkan kualitas sùmber daya manusia melalui pendidikan.

Program Sagasaja dimulai semenjak 2018 dan waktu itu baru 19 orang dikuliahkan Pemko Pariaman di Politeknik Negeri Padang (PNP). Selanjutnya pada 2019 menjadi 52 orang. 


Di tahun itu Pemko Pariaman sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, seperti PNP, Politeknik ATI Padang, Poltekpel Sumbar dan Politekni Kelautan dan Perikanan (PKP).

Kemudian di 2020 ini kerjasama Pemko Pariaman dikembangkan lagi dengan pendidikan vokasi UI dan vokasi IPB.

"Ditargetkan tahun 2020 bisa memfasilitasi 120 orang untuk kuliah di perguruan tinggi yang sudah bekerjasama (setara enam kali lipat lebih sejak 2018)," ungkap Kanderi di Pariaman, Senin (15/6).

Kembali pada peserta yang lolos seleksi administrasi, Kanderi menjelaskan setiap calon mahasiswa akan mengikuti seleksi di perguruan tinggi yang mereka pilih.

Dari 266 pendaftar yang lulus seleksi administrasi, sebut Kanderi, peluang kelulusan sangat besar karena dari 266 peserta tersebut disediakan kuota bagi 120 mahasiswa.

"Peluangnya lolos hampir 50 persen bagi setiap calon mahasiswa," kata dia.

Sedangkan untuk seleksi di perguruan tinggi, Pemko Pariaman tidak akan mencampuri. Semuanya diserahkan sesuai dengan mekanisme oleh masing-masing perguruan tinggi tersebut.

"Setelah dinyatakan lulus oleh perguruan tinggi baru Pemko Pariaman akan membiayai. Pembiayaan yang akan ditanggung meliputi uang semester, uang pembangunan dan uang praktek serta tambahan uang saku Rp 500 ribu per bulannya," pungkasnya.

Program Pemko Pariaman bidang pendidikan tidak hanya Saga Saja. Kini malah tingkat SD dan SMP akan ditampung dalam program Kartu Pariaman Pintar (KKP) mulai Rp 900 ribu hingga Rp 1,2 juta per siswa. (Eri/OLP)
×
Berita Terbaru Update