Pulang dari Jakarta, Warga Sungai Geringging Positif Covid-19

Foto ilustrasi/istimewa/internet
Padangpariaman - AS, 25 tahun, warga Talang Kuniang Batu Mangaum Nagari Kuranji Hulu kecamatan Sungai Geringging, Padangpariaman, dinyatakan positif Covid-19.

AS sendiri baru pulang dari Jakarta dan sebelumnya dinyatakan boleh bepergian dari Jakarta menuju Padangpariaman, Rabu 3 Juni. AS memiliki KTP Padangpariaman dan telah 1 tahun merantau di Jakarta dan bekerja di toko emas.

Setiba di Bandara Internasional Minangkabau, pihak kesehatan bandara curiga dan melakukan uji swab terhadap AS, sementara AS langsung pulang ke rumah orangtuanya di Sungai Geringging. Saat itu petugas memintanya mengisolasi diri di rumahnya hingga hasil uji swabnya keluar.

Setiba di rumah orang tuanyanya di Sungai Geringging, AS dikabarkan tetap bersosialisasi, terutama dengan keluarga, tetangga dan teman-temannya. AS diduga telah melakukan kontak dengan 11 orang.

"Hasil uji swabnya baru keluar dari Labor FK Unand hari ini dan AS dinyatakan positif Covid-19," ungkap juru bicara Gustu Covid-19 Padangpariaman, Anton Wira Tanjung, Sabtu (6/6) melalui sambungan telepon.

Anton mengatakan saat ini petugas medis dibantu perangkat nagari dan kecamatan sedang menelusuri riwayat kontak AS. Seluruh orang yang kontak langsung dengan AS diminta mengisolasi diri dibawah pengawasan medis dan perangkat nagari.

"Nanti semuanya akan diswab. Sementara hasil uji swabnya keluar semuanya diminta isolasi diri di rumah dulu dan diawasi perangkat nagari dan puskesmas," sambung Anton.

Salah seorang tenaga medis di RSUD Pariaman yang enggan namanya dipublikasikan, mengatakan AS sempat dibawa ke RSUD Pariaman. Namun tidak lama setelah itu ia dibawa oleh tenaga medis Gustu Covid-19 Padangpariaman.

"AS dibawa ke Padang untuk dikarantina," ungkapnya. (OLP)