Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Percepat Tol Padangpariaman-Pekanbaru Kontraktor Sewa Lahan Warga

1 Juni 2020 | 1.6.20 WIB Last Updated 2020-06-01T15:37:25Z
Foto: AWT
Kapalo Hilalang - Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno telah membuat penetapan lokasi (Penlok) pembangunan jalan tol Padangpariaman - Pekan baru di ST 36 Tarok City dan ST 23 di gerbang IKK Paritmalintang.

"Dengan penetapan oleh gubernur pengerjaannya akan segera kita mulai di ST 36 dan ST 23," ungkap Kepala Proyek PT. Hutama Karya Indonesia (HKI) Defi Adrian di Kapalo Hilalang, Senin (1/5).

Untuk strategi percepatan pembangunan, sambung dia pihaknya akan menyewa lahan warga yang sejalan dengan proses pembebasan lahan.

Lahan di Padangpariaman untuk pembangunan jalan tol yang telah dibebaskan dan selesai pengerjaan fisiknya di STA 0+000 hingga 4+200 atau sepanjang 4,2 km di By pass Kanagarian Kasang kecamatan Batang Anai.

"Pembangunan diperkirakan selesai pada September 2020 ini," ungkap dia.

Sedangkan pengerjaan STA lainnya dia berharap bisa paralel pada Juni ini dengan sewa percepatan pembangunan di samping upaya pembebasan lahan.

"STA 4+500 (1 buah Box Trafic) atau di KM 4,5  masih di Kanagarian Kasang dan STA 7+500 (1 buah jembatan sungai 2 abutmen 3 pier di KM 7,5 sudah selesai penyewaan lahannya," kata dia.

Sedangkan pengerjaan proyek yang telah dimulai tepatnya di STA 23+000 di Kanagarian Parit Malintang dikerjakan 1 unit under bridge atau Jembatan fly over.

"Kenapa itu segera kami kerjakan, pertama, setelah dilakukannya pematokan oleh PUPR dan adanya dukungan dari pemilik lahan dan nagari untuk segera memulai pengerjaannya," kata dia.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni yang berkunjung langsung ke loksai bersama Kapolres Padangpariaman meminta pengerjaan proyek segera dilakukan. Terkait pembebasan lahan merupakan tanggungjawab Kementerian PUPR.

"Karena pengadaan tanah itu merupakan kewenangan PUPR dan PT. HKI sebagai pelaksana proyek," kata Ali Mukhni.

Dengan dimulainya pengerjaan proyek, kata bupati, PT. HKI mengakomodir keinginan pemilik lahan agar lahan mereka yang terkena pembangunan jalan tol disewa dulu menjelang adanya penggantian dari PUPR.

"Berangkat dari itu, maka PT. HKI meyewa tanah warga tanpa menghilangkan hak atas ganti rugi nantinya yang sebentar lagi akan di bayarkan," imbuhnya.

Ali Mukhni mengajak masyarakat Padangpariaman mendukung penuh pembangunan jalan tol yang nantinya akan merubah wajah Sumatra Barat dan Padangpariaman khususnya.

"Apalagi Tarok City menjadi gerbang exit tol," kata orang nomor satu di Padangpariaman itu. (Tim/OLP)
×
Berita Terbaru Update