Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemko Pariaman Cek Sawah Warga dari Serangan Hama

23 Juni 2020 | 23.6.20 WIB Last Updated 2020-06-23T13:32:59Z
Foto: istimewa
Pariaman - Dinas Pertanian Kota Pariaman lakukan monitoring area persawahan dari serangan hama. Baik hama tikus maupun hama wereng.

"Sekaligus kita cek juga saluran irigasinya. Hal ini guna menunjang hasil panen sekaligus menjemput aspirasi dari petani," ungkap koordinator Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertanian kota Pariaman, Mulyadi saat meninjau area persawahan kelompok tani di Desa Toboh Palabah, Selasa (23/6).

Mulyadi menuturkan pihaknya akan mendata sekaligus mencatat keluhan petani terkait kendala yang mereka hadapi, terutama persoalan serangan hama dan kelancaran saluran irigasi.

"Memang masih terdapat beberapa lahan sawah petani yang diserang hama tikus dan wereng. Kita siap carikan solusi terbaik menangani hal tersebut," sambungnya.

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan provinsi jika hama tersebut sulit dikendalikan. Namun sejauh ini, kata dia, pihaknya masih bisa mengendalikan serangan hama terhadap lahan pertanian warga kota Pariaman.

Petugas PPL Desa Toboh Palabah, Putri Lisa menyebut petani di desa itu tetap gigih berupaya meningkatkan hasil panen meski di tengah pandemi Covid-19.

"Sesuai harapan pak walikota, petani di sini terus berupaya meningkatkan hasil panen untuk menjaga ketahanan pangan daerah. Kita sebagai penyuluh akan mencarikan solusi terhadap berbagai kendala dari petani," kata dia.

Persoalan yang dihadapi petani di Toboh Palabah, sambung dia, adalah serangan hama wereng yang menyerang sebagian lahan pertanian warga.

"Kita siap bantu mengatasi masalah tersebut," tandasnya. (Phaik/OLP)
×
Berita Terbaru Update