Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Segera Bagikan Tanaman Produktif, Genius Jamin Ketersedian Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan hingga Idul Fitri

8 April 2020 | 8.4.20 WIB Last Updated 2020-04-08T09:40:42Z
Foto: Erwin
Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar jamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat Pariaman di tengah penanganan Pandemi Covid-19. Ketersedian pangan berupa beras, terjamin hingga beberapa bulan ke depan (Ramadhan dan Idul Fitri).

"Stok beras aman dan lancar hingga beberapa bulan ke depan. Ini perlu diketahui masyarakat agar tetap tenang dan tidak melakukan panic buying," kata Genius di Pariaman, Rabu (8/4).

Genius menuturkan produksi beras Kota Pariaman selalu surplus tiap tahunnya bila dibandingkan jumlah penduduk yang saat ini 93 ribu jiwa.

Dari total luas sawah 1.785 hektar, jumlah produksi gabah kering panen Pariaman pada 2019 lalu mencapai 24.021 ton, gabah kering giling 20.663 ton dan beras hingga mencapai 13.228 ton.

Genius mengimbau agar petani tetap menggarap sawah sesuai dengan musim tanam. Dan pihaknya selalu memacu petani agar langsung mengolah sawah untuk tanam padi kedua pasca panen.

Saat ini, terang Genius, 50 persen sawah di Pariaman sudah panen padi. Sedangkan di beberapa kecamatan baru sebagian, dan sebagian lagi tanaman padinya masuki usia 2,5 bulan.

"Kendalanya hanya di Kecamatan Pariaman Selatan yang baru sebagian panen dan sebagian lagi usia padinya masih 2,5 bulan karena musim penghujan," jelasnya.

Selain itu, Genius juga menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi bagi petani hingga September mendatang. Sama halnya dengan benih, tidak hanya mencukupi, benih padi di Pariaman bahkan dibeli petani luar daerah.

"Dalam penanganan Covid-19 saat ini, kita juga menyiapkan bantuan berupa bibit tanaman pekarangan seperti bibit bayam, kangkung, kacang panjang dan polibek untuk diberikan kepada 300 kepala keluarga. Insya Allah dalam minggu ini bibit tersebut akan kita serahkan langsung kepada penerima bantuan," pungkasnya. (Erwin/OLP)
×
Berita Terbaru Update