Peringati Hari Jadi, Bawaslu Pariaman Sumbangkan APD dan Donorkan Darah

Ketua Bawaslu Pariaman, Riswan serahkan APD kepada Kadiskes Kota Pariaman, Syahrul. Foto: istimewa
Pariaman - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia genap berusia 12 tahun pada 9 April 2020. Peringati hari jadi, Bawaslu RI gelar doa bersama lewat video converence (vicon) dengan 34 Bawaslu Provinsi dan 514 Bawaslu kabupaten/kota di seluruh Tanah Air.

Kepala Sekretariat Bawaslu Pariaman tengah melakukan donor darah yang dilakukan oleh pertugas PMI Pariaman. Foto: istimewa
Usai ikuti doa bersama dalam vicon menggunakan aplikasi Zoom tersebut, jajaran Bawaslu Kota Pariaman lakukan donor darah dan bhakti sosial sebagai bentuk kepedulian mereka tanggapi pandemi Covid-19 di kota Pariaman.

Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan mengatakan, pihaknya sengaja tidak menggelar acara seremonial memperingati hari jadi Bawaslu.

"Kami sengaja tidak menggelar seremonial, tapi menggelar bhakti sosial donor darah untuk PMI dan menyumbangkan alat pelindung diri (APD) untuk petugas medis," kata Riswan di Posko Gugus Tugas Covid-19 di Balaikota Pariaman, Kamis (9/4).

APD yang disumbangkan berupa baju dan face shield bagi tenaga medis yang ada di kota Pariaman. APD tersebut ia serahkan langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul.

Ia mengatakan, selaku anak bangsa punya kewajiban mengatasi pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia. Bawaslu RI bahkan menajuk HUT ke-12 dengan tema 'Bangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19'.

Ia menyebut saat ini tenaga medis sebagai garda terdepan dalam menangani Covid-19, tidak boleh kekurangan APD. Ia bahkan mengapresiasi lembaga dan organisasi lain yang ikut menyumbangkan APD bagi tenaga medis lebih dulu.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Pariaman, Riky Falantino mengatakan jajaran Bawaslu Pariaman ikut melakukan donor darah di unit donor darah PMI Kota Pariaman.

"Melalui momentum ini kami harap Bawaslu dapat sedikit berbagi peran dalam mengatasi dan melawan Covid-19," ungkap Riky.

Riky yang juga Wakil Sekretaris PMI Kota Pariaman itu mengimbau masyarakat jangan merasa takut untuk melakukan donor darah pada saat pandemi virus corona.

"Karena secara medis ini aman dan kita juga dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah saat ini," sebut Riky.

Saat ini, sambung Riky, secara nasional terjadi penurunan persediaan darah hingga 70 persen dari kebutuhan darah nasional.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan donor ini, Bawaslu mampu sedikit mengatasi kekurangan stock darah nasional," tuturnya.

Ia mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari Covid-19. Selain itu tetap di rumah jika tidak ada keperluan, rajin cuci tangan pakai sabun dan menggunakan masker saat keluar rumah.

"Semoga kita dilindungi Allah SWT," pungkasnya. (Riky/OLP)