Cara Desa Koto Marapak Tenangkan Warga Pasca Kasus Positif Corona di Pariaman

Foto: Desi
Pariaman - Desa Koto Marapak, Pariaman Timur menenangkan warganya pasca diketahuinya seorang warga Pariaman Utara positif corona. Warga diminta tetap tenang dan tidak perlu panik karena pemerintah menanganinya dengan cepat.

"Kita tenangkan warga dengan tetap memberikan pelayanan," kata Kepala Desa Koto Marapak, Yuhaldi di Pariaman, Rabu (15/4).

Dalam melayani masyarakat di kantor desa, kata dia, pihaknya menempatkan seorang perangkat desa di luar kantor untuk mengambil dokumen yang akan diurus masyarakat. Selanjutnya perangkat desa dalam ruangan memprosesnya seperti biasa.

"Ketika surat-surat tersebut selesai maka diantar kembali keluar kantor dan diberikan kepada masyarakat yang sudah menunggunya," jelasnya.

Kantor desa sendiri tetap buka sebagaimana hari biasa mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Ia memberlakukan phsycal distancing atau jaga jarak bagi masyarakat yang mengantri mengurus dokumen di kantor desa.

Pihaknya juga menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun di depan dan dalam ruangan kantor. Kantor desa juga rutin disemprot dengan cairan desinfektan.

"Mereka harus mencuci tangan dulu pakai sabun sebelum melakukan pengurusan," sambungnya.

Ia juga mengimbau masyarakat desanya disiplin menjaga jarak dan selalu menggunakan masker jika berada di luar ruangan. Tetap di rumah jika tidak ada keperluan. (Desi/OLP)