Aksi Pencurian Meningkat, Desa Rambai Gelar Ronda Malam

Foto: Phaik
Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar berpesan bagi desa dan kelurahan yang menggelar ronda agar tetap menjalankan protokol Covid-19 di tengah penerapan PSBB serentak di Sumatra Barat hingga 5 Mei mendatang.

"Meskipun dalam kondisi ronda, tetap jalankan protokol PSBB. Jaga jarak dan gunakan masker," ujar Genius di Pariaman, Kamis (30/4).

Ia memuji langkah desa dan kelurahan yang menggelar ronda malam untuk menjaga kampung mereka dari aksi pencurian yang mulai marak terjadi.

Ia meminta aparatur desa dan kelurahan mengawasi setiap pendatang baru dan tamu. Terapkan wajib lapor 1x24 jam di desa dan kelurahan masing-masing.

"Saya apresiasi sekali karena ini merupakan wujud kepedulian warga menjaga kampung mereka dari aksi pencurian dan tindak kriminal lainnya," pungkasnya.

Kepala Desa Rambai, Arif Fuadi mengatakan ronda di desanya dilakukan secara swadaya melibatkan seluruh warga secara bergantian.

"Ada dua regu berjaga tiap malam. Tiap regu ditempatkan di dua dusun, yakni Dusun Rambai dan Dusun Sitapuang. Kita hanya punya dua dusun," kata dia.

Arif mengatakan aksi ronda yang dilakukan warga desanya sebagai langkah antisipasi pencurian dan tindak kriminal lainnya di desa mereka.

"Karena di beberapa desa sudah terjadi beberapa kemalingan. Bahkan beruntun. Di samping itu membantu ringankan tugas polisi dan TNI dengan menjaga kampung di tengah wabah Covid-19," ungkapnya. (Fadli/OLP)