Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Selama Sekolah Diliburkan, SD Batingkek Berlakukan Belajar Via WhatsApp

20 Maret 2020 | 20.3.20 WIB Last Updated 2020-03-20T15:33:59Z
Foto: Desi
Pariaman - Pasca keputusan Walikota Pariaman untuk meliburkan sekolah hingga 2 April mendatang, bukan berarti pihak guru lepas tangan.

Sesuai surat edaran walikota tersebut, istilah libur diartikan belajar mandiri di rumah. Kemudian dalam satu item edaran walikota, meminta pihak sekolah - guru - memantau murid-muridnya dua kali seminggu selama belajar mandiri di rumah.

"Antisipasi Covid-19 maka Pak Walikota ambil keputusan seluruh murid belajar mandiri di rumah dengan bimbingan orangtua dan dipantau oleh guru secara berkala. Hal ini agar murid tidak ketinggalan pelajaran," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya Kota Pariaman, Kanderi di Pariaman, Jumat (20/3).

Aktivitas belajar di sekolah, kata Kanderi, memang diliburkan tetapi pelajaran tetap berjalan semestinya dengan bimbingan orangtua di rumah 

Kepala Sekolah SD Negeri 19 Kampung Baru alias SD Batingkek, Azral Malvinas mengatakan pihak sekolahnya menerapkan belajar online bagi siswa melalui aplikasi WhatsApp.

"Sistem belajar online dilakukan lewat WA saja karena seluruh orangtua atau walimurid siswa sudah ada nomor WA oleh guru masing-masing. Jadi, orangtua akan membimbing anak-anak selama belajar mandiri di rumah," kata Azral

Selama libur sekolah, sebut Azral, semua murid diberikan tugas setiap hari dan harus menyelesaikannya karena tugas yang diberikan akan diberi nilai.

"Sebelumnya kami sudah mengimbau orang tua murid lewat WA agar mendampingi anak dalam belajar agar tidak ketinggalan pelajaran,” imbuhnya.

Semua proses belajar online tersebut jika ada kendala, kata Azral, pihak guru akan mendatangi rumah murid untuk memberikan pendampingan langsung.

Kepala Sekolah SDN 12 Cimparuah, Tuti Hasmita mengatakan pihak guru akan memantau ke rumah siswa yang tidak ada nomor WhatsApp-nya guna memberi dampingan jika anak didik ada kesulitan dalam belajar.

Dia bilang untuk belajar di rumah sama dengan jam belajar di sekolah. Mereka belajar mulai dari pagi hingga siang didampingi oleh orang tua.

"Jika orang tua mereka bekerja dan tidak bisa mendampingi maka tugas kami yang akan mendampingi selama proses belajar mereka lakukan,” kata dia.

Menurutnya seluruh guru di kota Pariaman secara berkala akan memantau dan mendampingi anak didik yang belajar di rumah agar mereka paham akan apa yang mereka pelajari. (Desi/OLP)
×
Berita Terbaru Update