[Laporan Utama] Konser Darak Badarak Bikin Tumpah Ruah Jam Gadang Bukittinggi

Walikota Genius Umar hadiri langsung konser Darak Badarak di Bukittinggi. Foto: istimewa
Bukittinggi - Kawasan wisata Jam Gadang Bukittinggi tumpah ruah oleh atraksi seni paduan tradisional-modern - yang selama ini dikemas - Sanggar Darak Badarak Pariaman, Sabtu malam (29/2). Sanggar pimpinan Ribut Anton Sujarwo yang telah dibina Walikota Pariaman Genius Umar sejak 2013 itu, menyuguhkan aransemen musik yang bikin mata pengunjung enggan berkedip.

Genius Umar yang juga hadir malam itu, punya nilai tersendiri bagi pengunjung. Sangat jarang mereka melihat kepala daerah begitu mencintai seni hingga bela-belain ikut dalam rangkaian tour atau road show Satu Dekade (10th) Komunitas Darak Badarak.

Ribut Anton Sujarwo mengatakan road show Darak Badarak membawa misi promosi wisata Kota Pariaman yang kaya seni dan budaya.

"Ini road show kedua setelah minggu lalu kita tampil di festival night di Permindo Padang beberapa hari setelah launching di Pentas Gandoriah Pariaman," kata Ribut.

Road show Darak Badarak, sambung Ribut, terus bergulir di seluruh ibukota kabupaten/kota di Sumatera Barat hingga Bali dan Malaysia.

"Road show satu dekade Darak Badarak diprakarsa dan dipromotori oleh Pemko Pariaman. Ini bukti walikota kami peduli akan dunia seni dan pemuda," pungkas Ribut.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan telah melihat potensi Darak Badarak sejak pertama ia pulang ke Pariaman mengabdi sebagai wakil walikota pada 2013. Saat itu ia mulai membina Ribut cs dengan membantu sejumlah peralatan musik. Ia bahkan tak lelah bolak-balik Pariaman-Jakarta menemui Kementerian terkait agar sanggar Darak Badarak turut menerima bantuan sebagaimana sanggar seni ternama lainnya di Tanah Air.

Genius bilang, Darak Badarak merupakan representasi generasi milenial sesungguhnya. Generasi yang kreatif, mandiri dan melakukan gerakan perubahan. Komunitas Darak Badarak hingga menjadi besar seperti saat ini, telah melewati berbagai rintangan berat. Namun mampu dilalui Ribut Cs dengan perjuangan yang tak kenal kata menyerah.

"Generasi muda harus melakukan hal yang produktif dan bemanfaat. Ukir prestasi dengan bakat yang dimiliki dan memberikan kontribusi bagi daerah dengan prestasi," kata Genius.

Seniman Bukittinggi Tomy Bolin yang turut mempromosikan kegiatan itu mengaku bangga karena Bukittinggi turut dijadikan salah satu destinasi pilihan Darak Badarak dalam rangkaian Tour 1 Dekadenya.

"Pelestarian kesenian adalah hal penting bagi upaya pembangunan kepariwisataan di Bukittinggi. Kehadiran seniman-seniman di kota ini untuk menggelar kebolehan mereka adalah berkah. Artinya, orang ada alasan tambahan untuk datang ke Bukittinggi. Selain Jam Gadang dan wisata belanja, ya menonton kesenian," kata Tomy. (Tim/OLP)