Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang UNBK, Ribuan Pelajar SLTP di Pariaman Ikuti Simulasi

3 Maret 2020 | 3.3.20 WIB Last Updated 2020-03-03T13:36:53Z
Foto: Dewi Lestari
Pariaman - Pelajar SLTP Sederajat seluruh Kota Pariaman ikuti simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di sekolahnya masing-masing, Selasa (3/3). UNBK sendiri akan digelar serentak di Indonesia pada 20 hingga 23 April mendatang.

Simulasi sendiri diikuti oleh seluruh pelajar SMP negeri dan swasta, MTsN dan MTsS yang ada di Kota Pariaman. Terdapat 30 sekolah dan paket belajar yang mengikuti simulasi UNBK dengan jumlah 2.636 peserta.

Kabid Pendidikan Bidang Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Yurnal mengatakan, simulasi UNBK SLTP di Pariaman dilaksanakan selama dua hari (2-3 Maret). Simulasi merupakan persiapan bagi para siswa guna menghadapi UNBK sesungguhnya.

Untuk SMP negeri - selain SMPN 9 - akan melaksanakan UNBK di sekolahnya masing-masing. Sedangkan SMPN 9 akan menggelar UNBK di SMA 3 Pariaman karena fasilitas sekolah tersebut belum memenuhi persyaratan untuk dilaksanakannya UNBK.

Simulasi tersebut, sambung Yurnal, sekaligus mengecek kondisi infrastruktursekolah, latihan proktor dan teknisi prosedur UNBK.

"Juga latihan melaksanakan ujian UNBK, mengecek sistem dan prosedur UNBK dan mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi UNBK," tuturnya.

Sebelum UNBK serentak, Pemko Pariaman punya persiapan tersendiri. Pihak dinas pada 1 Februari lalu telah menggelar try out. Latihan demi latihan dilakukan saat try out.

"Try out dilaksanakan hingga beberapa hari sebelum UNBK. Try out dan simulasi ini tidak begitu jauh berbeda," terang Yurnal.

Sebagai persiapan bagi peserta didik dalam menghadapi UNBK, ia berharap peserta didik membiasakan diri mengoperasikan komputer.

"Agar pada saat pelaksanaan UNBK anak-anak sudah tidak ragu lagi mengerjakan soal berbasis komputer," pungkasnya. (Dewi/OLP)
×
Berita Terbaru Update