Komputer Keliling Kominfo Pariaman Mulai Sambangi Sekolah

Siswa SD belajar komputer di M-CAP. Foto: istimewa
Pariaman - Layanan komputer keliling sambangi SD Negeri 18 Sikapak, Pariaman Utara, Kamis (13/2). Layanan Mobile Community Access Point (M-CAP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pariaman itu disambut antusias oleh para siswa setempat.

"Layanan komputer keliling berkunjung ke sekolah-sekolah untuk mengenalkan e-literasi teknologi sejak dini kepada pelajar, juga masyarakat guna menyebarluaskan aplikasi informatika yang legal serta layanan teknologi," kata kepala dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri.

Dengan adanya layanan komputer keliling, para siswa sejak dini telah dikenalkan dengan tata cara penggunaan komputer yang positif dan bermanfaat bagi mereka nantinya.

Pelayanan MCAP, kata dia, sekaligus mendukung program Smart City dengan pengenalan komputer dan penggunaannya secara sehat kepada anak didik.

Penggunaan komputer dan internet, sambung Hendri perlu dampingan. Peran guru dan orang tua diperlukan agar penggunaan komputer dan internet bagi anak tetap positif.

"Peran pendidik dan orang tua tetap mengawasi penggunaan internet agar tidak disalahgunakan mengakses informasi tidak bermanfaat," imbuh Hendri.

Mobil M-CAP rutin mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Kota Pariaman. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kota Pariaman, Yurnal, menyambut positif layanan tersebut karena mempermudah pelajar belajar komputer.

“Sebagai edukasi bagi anak didik di Kota Pariaman," ujarnya.

Ia mengajak para guru dan orangtua agar selalu mengawasi anak-anak mereka saat menggunakan komputer yang terhubung ke jaringan internet.

"Karena di lain sisi, para guru dan orang tua juga dituntut melek IT agar paham mengenai apa saja yang anak-anak mereka akses saat menggunakan internet,” tandasnya. (Fadli/OLP)