Golkar Padangpariaman Putuskan 6 Nama Balon Bupati Dibawa ke DPP

Ketua DPD Partai Golkar Padangpariaman Syahrul Datuak Lung. Foto: istimewa
Pariaman  - DPD Partai Golkar Padangpariaman tetapkan enam nama bakal calon bupati dan dua nama bakal calon wakil bupati untuk diusulkan ke DPP Partai Golkar melalui DPD Golkar Sumatera Barat pada Pilkada Padangpariaman 2020.
Ketua Penjaringan Pilkada DPD Partai Golkar Padangpariaman, Hendri Gusvira. Foto: istimewa
Penetapan delapan nama tersebut diputuskan melalui rapat pleno diperluas melibatkan pimpinan kecamatan dan perwakilan DPD Golkar Sumbar di Pariaman, Selasa (11/2).
Suasana pleno diperluas penetapan nama bakal calon yang akan dibawa ke DPP melalui DPD Golkar Sumbar. Foto: istimewa
Dari keenam nama bakal calon bupati yang ditetapkan, tidak satu orang pun kader Golkar di dalamnya. Sedangkan di posisi bakal calon wakil bupati, DPD Golkar Padangpariaman memutuskan memasukan dua kader Golkar, yakni Syahrul Datuak Lung dan Bujang Pandawa.
Pleno diperluas berlangsung aman lancar dan sukses. Foto: istimewa
Keenam nama bakal calon bupati yang ditetapkan DPD Golkar Padangpariaman tersebut adalah Tri Suryadi alias Wali Feri, Suhatri Bur, Adrian Adek, M Yusuf, Rahmad Hidayat dan Tosriadi Jamal.

"Penetapan keenam bakal calon bupati tersebut telah melalui seleksi dari bawah. Kita mendengarkan suara-suara dari masyarakat dan azas kepatutan dan kelayakan dari para bakal calon," kata Ketua Penjaringan Pilkada DPD Golkar Padangpariaman, Hendri Gusvira.

Mantan anggota DPRD Padangpariaman periode 2004-2009 itu mengatakan sebelumnya DPD Partai Golkar Padangpariaman telah membuka pendaftaran dari 18 hingga 30 November 2019.

Selama rentang waktu tersebut sekitar 13 bakal calon telah mendaftarkan diri ke partai berlambang beringin tersebut.

Selanjutnya, kata Hendri, kedelapan nama hasil keputusan pleno tersebut akan dikonsultasikan ke DPD Partai Golkar Sumbar. Setelah itu, pihak DPD Golkar Sumbar akan membawa ke semua nama tersebut ke tingkat DPP Golkar di Jakarta.

Sesuai Juklak dan Juknis yang berlaku di partai yang dikomandoi Airlangga Hartarto itu, pihak DPP akan memutuskan tiga nama. Tiga nama tersebut akan digodok dengan melibatkan tim survei yang akan turun langsung ke Padangpariaman sebelum satu orang atau sepasang di antaranya akan diusung secara resmi oleh partai.

"DPP akan memutuskan pada 30 April 2020. Surat keputusan partai, dasar bagi kami buat mendaftarkannya ke KPU," kata dia.

Ketua DPD Partai Golkar Padangpariaman Syahrul Datuak Lung memastikan Partai Golkar sebagai partai pengusung di Pilkada Padangpariaman 2020. Selain menjaring bakal calon, pihaknya terus melakukan komunikasi politik lintas partai untuk melakukan koalisi.

Golkar Padangpariaman sendiri memiliki empat kursi di DPRD Padangpariaman. Untuk mengusung satu pasang calon, pihaknya mesti memenuhi syarat minimal delapan kursi sebagai syarat minimal mengusung ke KPU.

"Setelah nama kita kirim ke DPP melalui DPD Partai Golkar Sumbar, kita tunggu respon DPP. Kita juga akan bersinergi dengan DPD Sumbar dalam menghadapi Pilgub Sumbar 2020 yang dilakukan serentak dengan Pilkada Padangpariaman," ujar anggota DPRD Padangpariaman dua periode itu.

Ia mengatakan DPD Golkar Padangpariaman telah maju selangkah dalam masa tahapan pilkada dengan penetapan sejumlah nama bakal calon sesuai dengan mekanisme partai.

"Target kami menang di Pilkada Padangpariaman. Untuk itu kita lihat keberpihakan suara rakyat kuatnya kemana melalui tim survei. Selain itu kita juga mengutamakan kapasitas para bakal calon sebelum resmi diusung partai," pungkasnya. (OLP)