Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Umar Raih Pembina Terbaik Penggunaan Dana Desa se Sumbar

26 Februari 2020 | 26.2.20 WIB Last Updated 2020-02-26T09:55:26Z
Foto: Junaidi
Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar raih penghargaan pembina terbaik Dana Desa tingkat Provinsi Sumatera Barat, Rabu (26/2).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno di Pangeran Beach Hotel Padang.

Pariaman merupakan salah satu dari enam kabupaten/kota terbaik dalam pengelolaan dana desa tahun 2019. 

Penerima lainnya adalah kabupaten Agam, kabupaten Pasaman Barat, kabupaten Solok, kabupaten Lima Puluh Kota dan kabupaten Pasaman.

Walikota Pariaman Genius Umar usai terima penghargaan tersebut apresiasi seluruh pihak yang telah melaksanakan arahannya dalam mengelola dana desa.

"Seluruh stakeholder terkait yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu," ujarnya.

Penghargaan itu, menurut Genius, bukti bentuk keseriusan pihaknya dalam rangka transparansi dan penguatan regulasi penggunaan dana desa yang mengarah kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dana desa yang beredar di Pariaman cukup besar, kata Genius, peruntukannya semata untuk kesejahteraan masyarakat. Baik bagi peningkatan SDM, pembangunan yang bermanfaat dan peningkatan perekonomian masyarakat dan UKM.

"Sehingga tujuan pembangunan dapat kita wujudkan," tuturnya.

Transparansi pengelolaan dana desa, kata dia, wajib dilakukan guna memastikan anggaran tersebut memenuhi prinsip akuntabilitas.

Desa juga menjadi salah satu institusi yang turut menjadi aktor yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"Penggunaan dan pengelolaan dana desa yang tepat sasaran akan menjadikan desa mandiri dan kuat,” pungkasnya.

Penghargaan yang diraih Walikota Pariaman saat ini naik satu peringkat dari tahun sebelumnya. Pada 2019 lalu, Pariaman mendapat predikat sebagai terbaik kelima. (Juned/*)
×
Berita Terbaru Update