Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bagi 4 Kluster Sebaran Wisata, Pariaman Gelar 48 Iven Sepanjang 2020

6 Februari 2020 | 6.2.20 WIB Last Updated 2020-02-06T01:51:48Z
Plt Kadis Parbud dan Kadis Kominfo gelar konferensi pers kalender wisata 2020. Foto: Junaidi
Pariaman - Sebanyak 48 iven pariwisata akan dihelat di Kota Pariaman sepanjang tahun 2020. Dari jumlah tersebut, 38 iven di antaranya dibikin oleh berbagai komunitas yang ada di Pariaman.

"Dari 48 iven tersebut hanya 10 iven kami komandoi. Sisanya yang 38 lagi adalah kegiatan di komunitas-komunitas yang ada di Kota Pariaman," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian di Pariaman, Rabu (5/2).

Dinas Pariwisata, kata Alfian, akan menggelar Festival 1000 Gendang Tasa pada Maret mendatang. Festival tersebut bertepatan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang akan diikuti oleh 24 Walikota se Pulau Sumatera di Kota Pariaman.

Ia menyebut Kota Pariaman telah membagi empat kluster sebaran daya tarik wisata dan sumber daya wisata Kota Pariaman sesuai dengan geografis dan tematik wilayah.

Keempat kluster itu adalah Kluster Rekreasi Pantai dan Budaya di kawasan pantai Sunur hingga pantai Gandoriah. Kluster Ekowisata Bahari berupa pulau-pulau kecil dan bawah lautnya. Kemudian Kluster Wisata Minat Khusus di Desa Tungkal sekitarnya serta Kluster Agrowisata dan Heritage di Desa Pungguang Ladiang sekitarnya.

Seluruh kalender pariwisata sepanjang 2020 akan ditiadakan di bulan Desember. Ia beralasan hal tersebut guna memaksimalkan laporan keuangan di dinasnya. (Juned/OLP)
×
Berita Terbaru Update