361 Peserta Ikuti Seleksi Wawancara Calon Panwas Nagari

Foto: istimewa
Lubuk Alung - Bawaslu Kabupaten Padangpariaman melalui Panwascam telah membuka pendaftaran untuk panitia pengawas pemilihan umun tingkat nagari sejak 16 Februari hingga 22 Februari lalu.

Dari hasil rekapitulasi yang dihimpun oleh Bawaslu Padangpariaman dari 17 kecamatan, sebanyak 361 peserta - 201 orang laki-laki dan 160 perempuan - dalam proses penerimaan pendaftaran.

Sejak itu, Panwascam tidak lagi melakukan perpanjangan pendaftaran karena setiap nagari telah memenuhi kuota sesuai  dengan pedoman teknis Bawaslu RI Nomor 0215.

Koordinator Divisi SDM Bawaslu Padangpariaman, Anton Ishaq mengatakan bahwa tugas utama pengawas desa atau nagari adalah mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu di wilayahnya.

"Termasuk pemutakhiran data pemilih, pelaksanaan kampanye, perlengkapan pemilihan dan pendistribusiannya. Kemudian pelaksanaan pemungutan suara dan proses penghitungan suara di setiap TPS," kata Anton Ishaq di Lubuk Alung, Minggu (23/2).

Selanjutnya, kata dia, tugas pengawas nagari juga mengumumkan hasil penghitungan suara di setiap TPS, pengumuman hasil penghitungan suara dari TPS, serta tahapan-tahapan yang telah ditetapkan oleh Bawaslu RI.

Penerimaan pendaftaran pengawas pemilu tingkat nagari, kata dia, untuk mengisi posisi di 103 nagari di Padangpariaman. Penerimaan berkas pendaftaran telah dilakukan oleh Panwaslu di 17 kecamatan yang ada di kabupaten Padangpariaman.

"Setiap calon pendaftar yang dokumen administrasinya dinyatakan lengkap langsung mengikuti tes wawancara pada saat penutupan tanggal 22 Februari 2020 kemaren," kata dia. (Tim)