Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman Akan Jadi Tuan Rumah Asosiasi Kota 2020

22 Januari 2020 | 22.1.20 WIB Last Updated 2020-01-22T01:17:29Z
Foto: Erwin
Pariaman - Kota Pariaman akan menjadi tuan rumah pertemuan bergengsi Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2020. Rakerwil tersebut akan diikuti oleh 24 daerah.

APEKSI adalah forum yang terdiri dari 98 kota di daerah perkotaan bertujuan membantu anggotanya dalam melaksanakan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif bagi pembentukan kerjasama antar pemerintah daerah.

Sejalan dengan semangat desentralisasi dan demokrasi, APEKSI telah membantu anggotanya untuk mencapai kesejahteraan sosial yang lebih baik melalui demokrasi, partisipasi masyarakat, keadilan dan akses yang sama untuk keragaman dan potensi setempat.

Kabag Pemerintahan Pariaman, Afwandi mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan Rakerwil I Apeksi yang menurut rencana akan digelar pada Maret 2020 dan pra pelaksanaannya pada Februari.

Rakerwil I Apeksi 2020 akan dihadiri oleh 24 daerah koordinator wilayah I di daerah Sumatera seperti Aceh, Medan, Kepri dan Sumbar di Kota Pariaman selaku tuan rumah, ditambah dengan Apeksi Nasional Kota Tangerang Selatan.

Apeksi, kata dia adalah organisasi strategis untuk pemberdayaan kota-kota dalam rangka pelaksanaan otonomi di Indonesia. Dengan Kota Pariaman sebagai tuan rumah dalam rangka mendukung visi dan misi dari pemerintah daerah juga dapat terwujud dan tercapai.

Dalam rangkaian acara tersebut nanti, ujar Afwandi, pihaknya akan mempromosikan produk UKM kepada peserta yang hadir seperti produk kerajinan khas Kota Pariaman sulam ameh Nareh, kapalo paniti, dan kuliner khas seperti sala, gulai kepala ikan dan sebagainya.

"Selain itu, juga ada penampilan atraksi kesenian budaya Pariaman yang mengisi rangkaian acara Rakerwil I Apeksi di Kota Pariaman," pungkasnya. (Tim)
×
Berita Terbaru Update