Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

TNI AL Latih Operator Kapal Wisata Pariaman

12 Desember 2019 | 12.12.19 WIB Last Updated 2019-12-12T13:06:29Z
Foto: istimewa
Pariaman - Sekitar 50 warga Pariaman ikuti pelatihan pengembangan gerakan sadar wisata untuk mengelola olahraga air dan operator kapal wisata di Pariaman, Kamis (12/12).

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan keselamatan berlayar atau melaut perlu bagi pengelola kapal wisata Pariaman. Pelatihan tersebut guna menghindari terjadinya kecelakaan akibat kesalahan manusia.

"Agar peristiwa kecelakaan yang terjadi beberapa bulan lalu tidak terulang kembali. Keselamatan itu harus nomor satu," kata Genius Umar.

Bagi kapten kapal sebelum membawa penumpang, imbuh Genius, mesti teliti memeriksa keselamatan pelayaran kapal beserta sistemnya, skill ABK dan koordinasi lintas instansi.

"Semua harus terkordinasi dengan baik agar benar-benar zero accident," kata dia.

Danlantamal II Teluk Bayur Padang diwakili Kolonel Yusherman mengatakan, sebelum melaut setiap kapal harus dicek terlebih dahulu kelaiakannya. Baik alat keselamatan dalam kapal dan kecakapan dari ABK, hingga kondisi kapalnya.

"Jika semuanya laik, angka kecelakaan bisa dikurangi," kata dia.

Pihaknya juga akan lakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman untuk membina ABK maupun pemilik kapal. Dengan demikian, sebut dia Pariaman akan memiliki pelayanan kapal wisata yang baik dan profesional.

Peserta pelatihan pada kesempatan itu bekali dengan ilmu cara memberikan pelayanan profesional dan disiplin guna menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang guna menghindari kecelakaan saat berwisata bahari. (Desi/OLP)
×
Berita Terbaru Update