Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tabuh 1000 Gandang Tasa, Pariaman Akan Pecahkan Rekor MURI pada Puncak Hari Nusantara

5 Desember 2019 | 5.12.19 WIB Last Updated 2019-12-05T11:51:14Z
Foto: istimewa
Pariaman - Sebanyak 1000 gandang tasa akan ditabuh pada puncak Hari Nusantara Nasional di Pariaman pada 14 Desember 2019 nanti. Penabuhan 1000 gandang tasa tersebut akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Semua sekolah akan berpartisipasi dan mulai latihan. 1000 kreasi gandang tasa kreasi sekaligus akan memecahkan Rekor MURI," kata Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Kamis (5/12).

Selain atraksi tabuhan 1000 gandang tasa, sambung Genius, anak-anak TK juga akan menabuh rebana pada Hari Nusantara Nasional yang jatuh pada 13 Desember itu. Penampilan anak TK dengan keluguan dan kelucuan mereka akan menambah daya tarik puncak acara yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi itu.

“Presiden Jokowi sangat suka sekali dengan anak-anak kecil. Dengan ikutnya mereka akan membawa kebahagian bagi orang tua dan guru pengajarnya,” imbuh Genius Umar.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Pariaman, Kanderi mengatakan, untuk memecahkan Rekor Muri 1000 gandang tasa - selain melibatkan para pelajar sekolah - pihaknya juga akan merangkul seluruh sanggar seni yang ada di Pariaman.

“Kesenian gandang tasa kita hidupkan kembali beberapa tahun lalu di sekolah-sekolah karena gandang tasa adalah kesenian tradisional Pariaman," ungkapnya.

Sebagai pelatih tunggal untuk gandang tasa kreasi, Pemerintah Kota Pariaman menunjuk seniman ternama Pariaman Ribut Anton Sujarwo.

Pemimpin Sanggar Darak Badarak ini berjanji akan berusaha semaksimal mungkin untuk melatih anak-anak Pariaman supaya bisa memberikan penampilan terbaiknya di puncak acara Hari Nusantara.

"Walaupun sisa waktu kurang lebih seminggu, kita akan berusaha untuk melatih dengan konsep sederhana tapi dengan hasil maksimal," kata Ribut Anton Sujarwo. (Desi/OLP)
×
Berita Terbaru Update