Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sosialisasikan Pemilu, Bawaslu Padangpariaman Gandeng Forum Batajau Seni Piaman

19 Desember 2019 | 19.12.19 WIB Last Updated 2019-12-19T09:40:50Z
Foto: istimewa
Pariaman - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padangpariaman punya cara menarik dalam mensosialisasikan kesadaran pengawasan pemilu di tengah masyarakat. 

Bekerjasama dengan Forum Batajau Seni Piaman sebagai wadah seniman muda, lembaga yang bertanggung jawab atas upaya penegakan aturan-aturan kepemiluan ini menggelar iven "Rakyat Mengawasi". Acara yang bakal berlangsung 26 Desember itu mengambil tempat di lapangan parkir Gedung Serbaguna Nagari Sungai Asam Kabupaten Padangpariaman.

Ketua Bawaslu Padangpariaman, Anton Ishaq didampingi Kordiv PHL Rudi Herman dan Kordiv. HPP Zainal Abidin serta Sekretaris Bawaslu Anton Wira Tanjung mengatakan, acara juga dijadikan ajang peluncuran nagari pengawasan serta Pemuda Mitra Pengawasan. 

"Dengan adanya ajang seperti ini kami berharap aturan kepemiluan makin disadari sebagai instrumen dasar yang harus ditegakkan bersama demi mencapai pemilu yang berkualitas," Sebut anton. 

Saat ini menurutnya, masyarakat tidak cukup menjadi konstituen yang menyalurkan hak pilih saja, tetapi perlu pula menjadi pengawas yang turut andil memastikan bebasnya pemilu dari polirik uang, black campaign, adu domba bermotif SARA, serta upaya-upaya negatif lainnya yang dapat menciderai demokrasi.

Kemitraan dengan Forum Batajau Seni Piaman dilakukan lantaran organisasi para seniman muda Piaman ini telah membuktikan eksistensi lewat kesuksesan mereka menggelar berbagai iven selama ini. 

"Pilkada serentak 2020 sudah di depan mata bakal identik dengan kebudayaan. Tema kebudayaan diketengahkan oleh penyelenggara lantaran cocok dengan iklim masyarakat Sumbar, apalagi Padangpariaman. Forum Batajau Seni Piaman kita gandeng karena mereka sudah jelas tampak sebagai pemuda-pemuda sadar budaya lewat karya dan ivennya," Kata Anton.

Kedisiplinan pengelolaan acara dan kualitas karya yang baik yang selama ini sudah tampak pada sejumlah festival gelaran Forum Batajau Seni Piaman diharapkan dia terwujud pula pada iven "Rakyat Mengawasi".

Roby Suhendra selaku koordinator komite kekaryaan Forum Batajau Seni Piaman, beterimakasih atas kepercayaan Bawaslu Padangpariaman kepada organisasinya. 

"Kami sangat bersyukur atas kesempatan ini. Insya Allah kami sudah siapkan sekitar 3 karya baru sekaitan pengawasan Pemilu. Semua bakal ditampilkan pada ajang Rakyat Mengawasi," Katanya.

Acara akan berlangsung sejak pukul 20.00 WIB setelah Isya. Masyarakat yang hadir tidak perlu membayar tiket dan malah berkesempatan meraih doorprize yang dibagikan di sela acara. (Tim)
×
Berita Terbaru Update