Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Seru, FKH Pariaman Gelar Fashion Show Outfit Limbah Daur Ulang

13 Desember 2019 | 13.12.19 WIB Last Updated 2019-12-13T01:14:48Z
Foto: istimewa
Pariaman - Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Pariaman kembali menggelar pemilihan Duta Hijau Kota Pariaman di Pantai Gandoriah, Kamis (12/12). Acara yang juga disertai dengan lomba daur ulang mengolah limbah menjadi pakaian itu memasuki tahun ketujuh pelaksanaan.

"Hari ini adalah rangkaian keenam Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman. FKH ikut memeriahkan Hari Nusantara dengan mengadakan Green Ferstival," kata Walikota Pariaman Genius Umar.

Mengolah limbah menjadi pakaian, kata Genius, adalah pekerjaan yang sangat sulit. Butuh jiwa seni. Keberhasilan menyulap limbah menjadi pakaian patut diberikan apresiasi.

Green Festival memberikan pemahaman kepada peserta anak-anak bahwa sampah tidak semuanya harus dibuang. Sampah bisa dipilah dan sebagiannya lagi bisa didaur ulang menjadi barang yang bernilai tambah.

Menurut Genius, Green Festival mengajarkan kepada masyarakat bagaimana memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berharga dengan mendaur ulangnya. Selain bernilai ekonomi juga dapat menjaga lingkungan.

"Apa yang dilakukan oleh FKH besar manfaatnya bagi semua orang. Acara ini berlangsung hingga besok dan akan dipimpin langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," sambungnya. 

Kepada Duta Hijau yang terpilih nantinya ia berpesan agar terus mensosialisasikan cinta bersih kepada masyarakat Pariaman lainnya.

"Karena Pariaman adalah kota wisata, jadi harus tetap bersih baik laut, sungai, lingkungan dan perilaku," tandasnya.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Maritim Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Sugeng Santoso apresiasi kegigihan walikota Pariaman dalam menjaga lingkungan Pariaman tetap bersih dan hijau.

"Banyak kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam rangkaian Hari Nusantara Nasional 2019. Kota Pariaman semakin eamai dan semarak," kata dia.

Rangkaian Hari Nusantara Nasional di Pariaman menurut dia akan membawa dampak positif bagi warga Pariaman terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Pihaknya akan mengukur pendapatan yang dihasikan dari peningkatan jumlah wisatawan, transaksi ekonomi dan distribusi peningkatan nilai pasca iven.

Ketua FKH Kota Pariaman Junaidi mengatakan Green Festival atau Festival Hijau adalah kegiatan rutin yang setiap tahun diselenggarakan oleh FKH. Kegiatanya berupa pemilihan Duta Kota Hijau Pariaman lewat fashion show baju daur ulang yang dipakai peserta lomba. Di samping itu juga digelar lomba daur ulang sampah.

Total hadiah bagi pemenang Duta Hijau sebesar Rp7,5 juta beserta piagam. Sedangkan bagi pemenang lomba daur ulang akan menerima uang tunai sebesar Rp5 juta beserta piagam. (Tim)
×
Berita Terbaru Update